Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 1 (2016): Daftar Isi

ANALISIS HASIL PENERAPAN DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN UPAYA PENINGKATANNYA DENGAN MENGEMBANGKAN KURIKULUM DAN SISTEM MANAJEMEN MUTU

Wiratomo, Yogi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis hasil penerapan standar nasional pendidikan, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey pada beberapa SMK di wilayah DKI Jakarta. Tindak perbaikan ketidakseusaian  pada delapan standar perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan pengembangan kurikulum dengan pendekatan system manajemen mutu. Kurikulum sebagai perangkat pendidikan merupakan salah satu jawaban bagi kebutuhan masyarakat. Dalam pengembangannya, kurikulum harus diposisikan sebagai “the heart of education” dan tidak terjebak dengan salah satu dimensi kurikulum yang bersifat praktis semata. Sistem pendidikan yang dikembangkan mengharuskan dikembangkannya kurikulum yang berbasis karakter dan tetap mengembangkan pengetahuan sains dan teknologi serta bekal hidup lainnya This study is an analysis of the results of the implementation of national education standards, this was a descriptive study using survey methods at several vocational schools in Jakarta. Ketidakseusaian corrective action on the eight standards need to be done, one of which is the development of curriculum with the quality management system approach. Curriculum as an educational device is one answer to the needs of society. In its development, the curriculum should be positioned as "the heart of education" and are not stuck with one-dimensional curriculum that is practically alone. The education system is developed requires the development of character-based curriculum and continue to develop the knowledge of science and technology and other life provision.  

Copyrights © 2016