Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 1 (2016): Daftar Isi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MICROSOFT POWERPOINT MELALUI METODE TUTOR SEBAYA

Nababan, Elfista Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) peserta didik kelas IX-6 di SMP Negeri 103 Jakarta Timur menggunakan metode Tutor Sebaya untuk memahami dengan presentasi powerpoint. Hasil test pertama sudah terlihat siswa yang mendapat nilai 65 s/d 70 ada  20, siswa yang mendapat nilai 71 s/d 80  sebayak 11 siswa,  nilai 81 s/d 90  ada 5 siswa , ada 5 siswa yang mendapat nilai 91 keatas dan siswa yang mendapat nilai yang hampir sempurna ini  yang akan menjadi tutor buat teman temanya). Setelah mengunakan metode tutor sebaya maka perubahan nilai sudah terlihat peningkatan dari siklus I antara nilai ke 1 ke nilai ke  2 naik sebesar 26 ,83 jadi terjadi peningkatan setelah adanya tutor sebaya naik sebesar 26,83 %, dan nilai pada siklus II, terjadi peningkatan sampai pada 85,37 %, dengan adanya tutor sebaya. Pelaksanaan metode pembelajaran dengan tutor sebaya di kelas IX-6 yang diamati secara terus menerus dan mendapatkan perhatian penuh dapat meningkatkan hasil belajarmsiswa, belajar lebih menyenangkan,  hasil evaluasi yang lebih baik dari siklus I ke siklus berikutnya This study aims to improve learning Microsoft Power point class IX students at Junior High School 103 in East Jakarta with Peer tutoring methods. This research method using action research on class IX SMP  103 East Jakarta. this sample is a class IX-6 with the number of respondents 41. The results showed that in the first test students who scored 65 s / d 70 there are 20 students who scored 71 s / d 80 there are 11 students, grades 81 s / d 90 No 5 students, there are 5 students who scored 91 or more and students who scored an almost perfect this would be a tutor to a friend theme). Once the method of peer tutors then change the value already visible improvement from the first cycle between the value to 1 to 2 to the value increased by 26, 83 so increased after a peer tutor rose by 26.83%, and the value of the second cycle, there was an increase to at 85.37%, with the peer tutors. The method of learning with peer tutors in class IX-6 were observed continuously and get the full attention can improve student learning outcomes, learning more fun, better evaluation results from the first cycle to the next cycle.

Copyrights © 2016