Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 1 (2016): Daftar Isi

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DIKELAS X SMA NEGERI 1 DRAMAGA KABUPATEN BOGOR

Hartati, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2018

Abstract

 Penelitian ini dikategorikan termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang menggunakan pendekatan kooperatif dengan  dua model pembelajaran yaitu model Jigsaw dan Problem solving. Perpaduan kedua model pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, antusiasme belajar serta motivasi belajar siswa pada tahun pelajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Dramaga, Kabupaten Bogor dan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4. Karakter siswa sebagian besar punya motivasi belajar yang sedang dan rendah. Pelaksanaan peneltian tindakan kelas ini dilaksanakan terdiri dari dua siklus yang dalam satu siklusnya terdiri dari dua tindakan. Penelitian dinyatakan berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan antusiasme belajar  siswa. Hasil belajar kognitif pada siklus I  74,84 dan siklus II naik menjadi 77,72. Hasil belajar Afektif siswa pada siklus 1 82,57 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,40 Antusias belajar siswa 89,04 pada siklus I meningkat menjadi menjadi 92,19 pada siklus II.   This study categorized including action research (classroom action research) that use a cooperative approach with two learning model is a model Jigsaw and problem solving. The combination of both learning model is effective for improving student learning, enthusiasm for learning and student motivation in the academic year 2014-2015. This research was conducted in SMA Dramaga, Bogor and as an object of research is the class X MIA 4. Characters students mostly had the motivation to learn the medium and low. Implementation of a study of this class action carried out consisted of two cycles in one cycle consists of two acts. Research declared successful because it can improve student learning outcomes and improve student learning enthusiasm. Cognitive achievement 74.84 in the first cycle and the second cycle increased to 77.72. Affective learning outcomes of students in cycle 1 82.57 and the second cycle increased to 83.40 89.04 enthusiasm of student learning in the first cycle increased to be 92.19 on the second cycle.  

Copyrights © 2016