Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 1 (2016): Daftar Isi

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN VIDEO COMPACT DISC (VCD) INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR

Sugiarti, Sugiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran matematika   berbasis   komputer   menggunakan   Video  Compact  Disc   (VCD) interaktif  terhadap pemahaman konsep luas dan volume pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Depok Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengumpulan data pemahaman konsep luas dan volume menggunakan teknik test berupa test essay, selanjutnya dianalisis dengan menggunkan statistika uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep luas dan volume bangun ruang sisi datar yang diajarkan dengan menggunakan media VCD interaktif sebesar 68,55 sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep luas dan volume bangun ruang sisi datar yang diajarkan dengan menggunakan media gambar sebesar 58,35. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai thit   ttab  (3,35  1,67). Secara keseluruhan rata-rata kemampuan pemahaman konsep luas dan volume bangun ruang sisi datar yang diajarkan dengan menggunakan media VCD interaktif lebih tinggi secara signifikan daripada rata- rata kemampuan pemahaman konsep luas dan volume bangun ruang sisi datar yang diajarkan dengan menggunakan media gambar.   The purpose of this study was to determine the effect of computer-based math learning strategies using the Video Compact Disc (VCD) interactive with comprehensive understanding of the concept and the volume of the material geometry flat side. This research was conducted in SMP Negeri 10 Depok Year 2010/2011. The method used in this study is quasi-experimental. Comprehensive understanding of the concept of data collection and volume using test techniques in the form of essay test, then analyzed by using statistical t-test. The results showed that the average ability of understanding of the concept of area and volume flat side geometry is taught using interactive VCD media at 68.55 while the average ability of understanding of the concept of area and volume geometry flat side that is taught by using media images by 58 , 35. From the results of the hypothesis test obtained by value thit ttab (3.35 to 1.67). Overall the average ability of understanding of the concept of area and volume flat side geometry is taught using interactive VCD media is significantly higher than the average ability of understanding the concept of area and volume geometry flat side that is taught by using media images.

Copyrights © 2016