Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi

MENULIS LAPORAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING

Supriyatmini, Supriyatmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus, untuk melihat peningkatan kemampuan menulis laporan siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui cooperative learning. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi tes, lembar angket, pengamatan, panduan wawancara. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian dianalisis secara deskripsi, untuk melihat perubahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Data tersebut meliputi data  hasil menulis siswa dalam implementasi pembelajaran melalui cooperative learning. Melalui pengolahan data, diperoleh simpulan bahwa melalui pembelajaran cooperative learning menyatakan adanya peningkatan  hasil menulis  pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata  72,83 menjadi  76,67 pada siklus 2. Hal tersebut berarti  pula bahwa hasil menulis menunjukkan peningkatan. Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 252 Jakarta   Classroom Action Research is done as much as two cycles, to see the improvement of writing skills report students in following learning through cooperative learning. Instruments used to obtain data include tests, questionnaires, observations, interview guides. The data collected in each observation activity from the implementation of the research cycle is analyzed in descriptions, to see the changes that occur in the learning activities. These data include data writing results of students in the implementation of learning through cooperative learning. Through data processing, it is concluded that through cooperative learning learning, there is an increase of writing result in cycle 1 reaches an average value of 72.83 to 76.67 in cycle 2. It means also that the writing result shows improvement. Thus, the conclusions of this study indicate that through cooperative learning learning model can improve the ability to write reports to students of class VIII SMP Negeri 252 Jakarta.  

Copyrights © 2017