Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi

PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN JENIS PROGRAM STUDI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS PADA SMK SWASTA DI KABUPATEN BOGOR

Okmawidya, Okmawidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Pengaruh teknik pembelajaran  terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa. 2) Pengaruh  jenis program studi terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa. 3) Pengaruh interaktif teknik pembelajaran dan jenis program studi terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah  eksperimen. Populasi adalah kelas XI SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua arah dan Uji Tukey. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMK swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 19,604. (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan jenis program studi terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMK swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,990> 0,05 dan Fhitung = 0,000.(3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikanteknik pembelajaran dan jenis program studi terhadap kemampuan  memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMK swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,011< 0,05 dan Fhitung=6,719.   The study aims to: 1) The influence of learning techniques on the ability to understand English reading students. 2) Influence of study program type to students' reading comprehension skill. 3) The interactive influence of learning techniques and the types of courses on the ability to understand English reading of students. The research method used is experiment. The population is class XI SMK Swasta in Bogor Regency. Data analysis used two way analysis of variance (ANOVA) and Tukey Test. Hypothesis test results obtained conclusion as follows: (1) There is a significant influence of learning techniques on the ability to understand English reading of private SMK students in Bogor district, this is evidenced by the value of sig. 0,000 <0,05 and Fcount = 19,604. (2) There is an insignificant influence of study program type on the ability to understand English reading of private vocational students in Bogor district, as evidenced by the sig value. 0,990> 0,05 and Fhitung = 0,000. (3) There is significant interactive influence of learning technique and study program type on ability to comprehend English reading of private SMK students in Bogor district, this is proved by sig value. 0.011 <0.05 and Fcount = 6.719

Copyrights © 2017