Jurnal Gemaedu
Vol 4 No 1 (2018): Daftar Isi

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Problem-Based Learning Kompetensi Logika Matematika pada Kelas X TITL SMK Negeri 1 Karawang

Susana, Ikeu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan metode problem based learning. Penelitian dilaksanakan di Kelas X TITL SMK Negeri 1 Karawang dengan kompetensi Logika Matematika menggunakan Metode Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) Kemmis dan Mc. Taggart, dengan komponen tindakannya adalah perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pada siklus pertama, sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi pembelajaran problem-based learning, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran problem-based learning. Di lain sisi guru sebagai kolaborator dalam penelitian tindakan kelas ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran problem-based learning. Dalam siklus kedua, siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi pembelajaran problem-based learning dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Dari hasil observasi aktivitas siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata ulangan harian yang semula sebelum diadakan penelitian 60,00 dengan ketuntasan 60 %. Pada siklus I diperoleh 70,00 dengan ketuntasan 77,3 % dan pada siklus II 74,00 dengan ketuntasan 91,4 %. Dalam hal pelaksanaan penelitian tindakan kelas, siklus pertama dan kedua, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar logika matematika dan aktivitas siswa pada siswa kelas X TITL SMKN 1 KARAWANG.

Copyrights © 2018