Guru sebagai sebuah profesi, memperolah martabatnya melalui pengakuan atas profesi dan kinerjanya baik secara formal maupun informal melalui pengakuan dari masyarakat pengguna jasa profesi tersebut. Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya arus globalisasi dan informasi, guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui beragam cara baik karena kesadaranya sendiri maupun melalui program-program yang disediakan pemerintah untuk mengembangkan kompetensinya. Artikel ini ditulis melalui pendekatan kajian litertur kepustakaan yang relevan. Sumber Data yang digunakan adalah kajian teoretik untuk membahas permasalahan. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru yang berkarakter dalam mengembangkan profesinya dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut: (1) menulis karya tulis/karya ilmiah (KTI) di bidang pendidikan; (2) Membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan; (3) Menciptakan karya seni; (4) Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan; dan (5) Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum, dan mengikuti kegiatan pengembangan profesionalitas guru secara berkelanjutan Continuous Professional Development (CPD) seperti mengikuti kegiatan pelatihan tentang substansi pembelajaran, metodologi, maupun kegiatan pembelajaran berbasisi online.
Copyrights © 2018