Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 4 No. 1 (2019): Pendidikan dan Pendidikan Dasar

Islam dan Sains Modern (Telaah Pemikiran Nidhal Quessoum Dalam Karyanya Islam’s Quantum Question, Reconciling Muslim Tradition And Modern Science)

Ilyas Daud (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Tulisan ini ingin menelaah pemmikiran seorang professor fisika dan astronomi di American University of Sharjah, UEA, yang bernama Nidhal Guessoum tentang relasi Islam dan sains modern. Ia menjelaskan berbagai sudut pandang pemikir muslim tentang kosmologi, dari mulai filsafat Islam klasik (abad pertengahan), sufi, “tafsir saintifik”, tradisionalis, dan sains modern. Hasilnnya menunjukkan bahwa Guessoum mengemukakan pendapatnya tentang gagasan “kosmologi Islami/teistik”. Bahasan Kosmologi diletakan dalam bingkai tauhid. Menurutnya persoalan-persoalan saintifik seperti osmologi tidak bisa dijawab oleh sains, melainkan butuh kolaborasi antara saintis dengan filsuf, atau sains dan agama. dari sini Guessoum menunjukkan jati dirinya sebagai seorang muslim yang menelaah sains tetapi tetap meyakini adanya Tuhan. Ia juga menekankan bahwa kosmologi Islami ini tidak boleh berupa tafsir ilmi atau tafsir saintifik sebagaimana yang agung-agungkan oleh sebagian mufasir.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mutaaliyah

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan ...