CONSILIA
Vol 1, No 3 (2018)

PENGGUNAAN TEKNIK GUIDED IMAGERY TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SISWA MENGIKUTI AKTIVITAS KONSELING KELOMPOK

Issrahli Shaddri (BK FKIP UNIB)
I Wayan Dharmayana (BK FKIP UNIB)
Illawaty Sulian (BK FKIP UNIB)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah adalah untuk mendiskripsikan pengaruh teknik guided imagery terhadap tingkat kecemasan siswa mengikuti aktivitas konseling kelompok.Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP N 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 8 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa mengikuti aktivitas konseling kelompok menurun setelah diberikan teknik guided imagery, hal ini ditunjukkan dengan nilai z=-2.521adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik guided imagery terhadap tingkat kecemasan siswa mengikuti aktivitas konseling kelompok  di SMP N 5 Kota Bengkulu. Kata kunci: Kecemasan, Siswa, Guided Imagery

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...