Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia

DESAIN MODEL SISTEM MARKETPLACE UNTUK KOPERASI DI INDONESIA

Dyah Ayu Irawati (Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang)
Felix David (Teknologi Informasi, UKSW, Salatiga)
Ekojono Ekojono (Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang)
Yushintia Pramitarini (Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Koperasi adalah badan usaha yang terdiri dari orang atau badan hukum berdasarkan prinsip kekerabatan dan demokrasi ekonomi berdasarkan Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 Indonesia. Visi pemerintah Indonesia adalah menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital paling signifikan di Asia Tenggara pada 2020 dan fokus pemerintah untuk mengembangkan ekonomi digital Indonesia berdasarkan penguatan pelaku bisnis lokal (UMKM dan Start-Up). Bisnis dalam koperasi biasanya terdiri dari beberapa UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang kegiatan usahanya dapat berupa jasa, pemasaran produk atau kebutuhan keuangan. Hambatan bagi koperasi untuk berkembang adalah jangkauan bisnis lokal; maka penjual bergantung sepenuhnya pada bagaimana koperasi menjual produk mereka, sementara perluasan usaha koperasi dengan membangun toko online membutuhkan biaya pengembangan dan pemasaran yang tinggi. Makalah ini mengusulkan desain model sistem pasar untuk koperasi jual dan beli berbasis di Indonesia. Sistem Marketplace memberikan manfaat sebagai tempat pertemuan bagi penjual dan pembeli secara virtual dengan jaminan bahwa transaksi dilindungi dan legal. Hal ini dapat diterapkan dalam pengembangan bisnis koperasi, terutama untuk pemasaran, manajemen keanggotaan dan manajemen SHU (berbagi keuntungan dari bisnis).  

Copyrights © 2018