Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD

Hikmah, Hikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkanPerangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Realistik pada pokok bahasan Pecahan untukSiswa Kelas V SD, yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Rencana PelaksanaanPembelajaran, dan Tes Hasil Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri No.2Kampung Baru Majene sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 13 oranglaki-laki. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan (Model4. D) yang terdiri atas 4 (empat) tahap yaitu: pembatasan (define), perancangan (design),pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran matematikadengan pendekatan Realistik yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan praktisidan telah diujicobakan serta mengalami revisi berulang-ulang kali sehingga didapatkan hasilyang valid, efektif, dan praktis.Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Pendekatan Realistik, Perangkat Pembelajaran.

Copyrights © 2017