Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 2 (2018)

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Apresiasi Puisi Siswa SDN Ngrayudan Kabupaten Ngawi

Wasis Fitriyah (SDN Ngrayudan 1 Jogorogo, Ngawi)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan pengaruh penggunaan metode Jigsaw dan percaya diri terhadap kemampuan apresiasi puisi siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan tujuan tertentu. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa dari 2 SD yang berbeda. Teknik penelitian ini menggunakan anova 2x2. Dari penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil berupa perbedaan kemampuan apresiasi puisi antara siswa yang diajar menggunakan Jigsaw dan memiliki percaya diri tinggi dengan kelompok siswa yang tidak diajar menggunakan Jigsaw dan memiliki percaya diri rendah. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan metode Jigsaw dan percaya diri terhadap kemampuan apresiasi puisi siswa.

Copyrights © 2018