El-Furqania : Jurnal Ushuluddin dan Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol. 2 No. 01 (2016): Februari 2016

PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN MORAL DAN ETIKA TENTARA TERHADAP PENGUASAAN PESERTA

Azri Mokhtar (Fakulti Pendidikan Universitas Malaya (UM) Malaysia)
Wan Hasmah Wan Mamat (Fakulti Pendidikan Universitas Malaya (UM) Malaysia)
Ghazali Darussalam (Fakulti Pendidikan Universitas Malaya (UM) Malaysia)
Triyo Supriyatno (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki Malang)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2016

Abstract

Artikel ini membahas kontribusi Moral dan program Militer Etis Pendidikan (MMEE) di Angkatan Bersenjata Malaysia (MAF). Penelitian ini dilakukan untuk menilai pengaruh atau kontribusi program MMEE untuk etika (MME) prestasi moral dan militer di antara para peserta dalam tiga domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Sebanyak 469 peserta mengambil pencapaian tes MET dan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh program MMEE telah berkontribusi sedikit untuk pencapaian MET peserta = 1,4%. Dalam hal hasil oleh domain masing-masing, kontribusi program MMEE melalui jadwal elemen untuk prestasi kognitif = 1,4%, kontribusi program MMEE melalui elemen silabus untuk prestasi afektif = 3,6% dan kontribusi dari program MMEE melalui elemen pengajaran dan pembelajaran prestasi psikomotor = 0,5%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

elfurqania

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal EL-FURQANIA Vol.04 No.02 Agustus 2018 yang saat ini ada di tangan pembaca menampilkan sejumlah artikel yang merupakan bukti atau hasil “pencarian” para penulis untuk memahami hubungan Ushuluddin dan Ilmu-ilmu Keislaman dengan pranata sosial berdasarkan concern keilmuan ...