Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika, dapat melatih siswa untuk aktif membangun pemahamannya dengan memberdayakan pengetahuan awal yang telah dimiliki sebelumnya, serta dapat meningkatkan daya ingat siswa secara mandiri berdasarkan pemahaman terhadap suatu bacaan. Untuk itu dikembangkan LKS berbasis SQ3R yang memungkinan siswa untuk belajar secara sistematis, efektif, dan efisien untuk belajar karena siswa dapat berulang-ulang mempelajari materi ajar dari tahap meneliti bacaan atau materi ajar (Survey), bertanya (Question), membaca atau mempelajari (Read), menceritakan atau menuliskan kembali (Reciite), dan meninjau ulang (Review). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis SQ3R untuk siswa SMP kelas VIII pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Model pengembangan menggunakan model McKenny yang terdiri dari tiga tahap yaitu define, prototyping, dan assessment. Berdasarkan analisis hasil validasi LKS menunjukkan bahwa LKS berbasis SQ3R dikategorikan valid.
Kata Kunci : LKS, SQ3R
Copyrights © 2018