Penelitian ini dilaksanakan terhadap mahasiswa semester satu program studi tehnik sipil Universitas Ekasakti, Padang. Latar belakang dalam penelitian ini adalah mahasiswa memperoleh kesulitan dalam pembendaharaan kata-kata dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kemudian, masalah ini juga datang, dimna dalam observasi, penulis melihat dimana dosen berusaha dalam menggunakan sedikit metode dalam pembelajaran. Sehingga,adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Kesulitan siswa dalam pembedaharaan kata-kata; dan (2) Di dalam pembelajaran, dosen berusaha menggunakan metode. Adapun, tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana dampak positif penggunaan gambar dalam memperbaiki kemampuan mahasiswa dalam kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui satu siklus penelitian dengan menggunakan gambar dalam mengajar mata kuliah Bahasa Inggris. Jumlah partisipannya adalah 40 mahasiswa. Dalam tehnik penggumpulan data,penulis menggunakan tes, data yang diperoleh di penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, kuisioner. Sedangkan, di dalam analisa data, penulis menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Dan ,hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah kosakata mahasiswa dari penggunaan gambar dalam proses belajar mengajar yang mana bisa dilihat dari nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari 53 menjadi 63, pada siklus I, dan hasil belajar yang diperoleh dari siklus II menjadi 80. Selain itu, motivasi dan minat belajar mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris meningkat.
Copyrights © 2018