SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 2 (2015): JUNI 2015

Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Perkuliahan Berbasis Latihan Berjenjang dan Pengalaman

endah sari (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakan peningkatan keterampilan membaca cepat  mahasiswa se- mester II Program Studi PBS Indonesia STKIP PGRI Jombang setelah dilakukan perkuliahan berbasis  lati- han dan pengalaman dan (2) bagaimanakan perubahan perilaku mahasiswa semester II Program Studi PBS Indonesia STKIP PGRI Jombang setelah dilakukan perkuliahan berbasis latihan dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yaitu proses tindakan pada siklus I dan siklus  II. Subjek  dalam penelitian  tindakan kelas ini adalah keterampilan membaca cepat Mahasis- wa Semester II STKIP PGRI Jombang. Variabel penelitian tindakan kelas  ini menggunakan  dua,  yaitu (1) variabel peningkatan keterampilan membaca cepat dan (2) variabel latihan berjenjang dan pengalaman. In- strumen  penelitian  yang  digunakan  untuk  pengumpulan  data  dalam  penelitian  tindakan  kelas  ini  ada dua, yaitu instrumen tes dan nontes. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, jur- nal, dan perangkat tes. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah rata-rata kecepatan membaca mahasiswa pada prasiklus sebesar30,17% atau 250-299 kpm yang masuk dalam kategori lambat, pada siklus I kecepatan membaca mahasiswa sebesar 56,81% dari jumlah keseluruhan mahasiswa atau 300-349 kpm yang masuk dalam kategori sedang, pada siklus II hasil tes kecepatan membaca mahasiswa sebesar 75,84% atau 350-399 kpm yang masuk dalam kategori cepat. Perilaku mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat berbasis latihan berjen- jang dan pengalaman juga mengalami perubahan. Perubahan-perubahan perilaku mahasiswa ini dapat dib- uktikan dari hasil data nontes yang berupa observasi, jurnal, dan wawancara. Berdasarkan hasil data nontes siklus I, masih tampak tingkah laku negatif mahasiswa pada saat pembelajaran  berlangsung. Pada siklus II tingkah laku negatif mahasiswa semakin berkurang dan tingkah laku positif mahasiswa semakin bertambah. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Sastranesia adalah jurnal ilmiah bahasa dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang. Jurnal sastranesia focus pada kajian bahasa, sastra, dan pengajaran bahasa Indonesia. Jurnal ilmiah ini merupakan kumpulan kajian ilmiah dari civitas ...