SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 4 (2013): DESEMBER 2013

Hubungan Penguasaan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Artikel Oleh Ma- hasiswa Semester 2 Angkatan 2012

endah sari (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaanmembaca pemahaman dengan kemampuan memahami artikel mahasiswa semester 2 angkatan 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh maha- siswa semester 2 angkatan 2012. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 25 item untuk penguasaan teori membaca pemahaman dan test essay dengan jumlah soal6 item untuk kemampuan memahami artikel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dari pearson. Dari perhitungan korelasi product moment dengan angka kasar diperoleh koefisien korelasi antara X dan Y sebesar 0,724, sedangkan rtabel dengan N = 33 dan taraf signifikansi 5% sebesar 0,344. Den- gan demikian, harga rxy > rtabel (0,724> 0,344). Oleh karena itu, hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikansi antara tes penguasaan membaca pemahaman (X) terhadap kemampuan memahami artikel (Y), dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Sastranesia adalah jurnal ilmiah bahasa dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang. Jurnal sastranesia focus pada kajian bahasa, sastra, dan pengajaran bahasa Indonesia. Jurnal ilmiah ini merupakan kumpulan kajian ilmiah dari civitas ...