JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 2, No 2 (2018): Maret 2018

ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PADA MATERI LINGKARAN

Ratna Ayuni (Siliwangi Bandung)
Dicky Firmansyah (Siliwangi Bandung)
Eka Senjayawati (siliwngi Bandung)
Rippi Maya (Siliwangi Bandung)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi lingkaran dengan pengkategorian tingkat perjenjangan Tidak Kreatif (TKBK 0), Kurang Kreatif (TKBK 1), Cukup Kreatif (TKBK 2), Kreatif (TKBK 3), dan Sangat Kreatif (TKBK 4) berdasarkan aspek-aspek yang diukur melalui kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Subyek yang digunakan adalahsiswa kelas IX di satu SMP Negeri Cipeundeuy.Bentuk pengambilan data yaitu pemberian 5 butir soal tes tertulis dan wawancara pada subyek terpilih.Berdasarkan hasil analisis, siswa hanya mampu mencapai kategori TKBK 0, TKBK 1, dan TKBK 2 dengan persentase yang berbeda-beda pada tiap butir soal. Siswa tidak mampu mencapai TKBK 3 dan TKBK 4 dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Kata kunci: Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif, materi lingkaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...