JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 2, No 2 (2018): Maret 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLEXTING, EXTENDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar (Dosen STKIP Budidaya Binjai)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaranconnecting, organizing, reflexting, extending (CORE) terhadap kemampuankomunikasi matematis mahasiswa STKIP Budidaya Binjai jurusan pendidikan matematika pada matakuliah teori bilangan, semester 1(satu) tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Semester 1 terdapat 3 kelas, yakni : 1a, 1b dan 1c dengan jumlah seluruhnya  95 siswa. Dari tiga kelas hanya satu kelas yang diambil sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas 1c berjumalh 30 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rhitung = 0,48. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,36 dengan taraf signifikan 5% karena rhitung> rtabel atau 0,48 > 0,36 maka ha di terima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaranconnecting, organizing, reflexting, extending (CORE) terhadap kemampuankomunikasi matematis mahasiswa STKIP Budidaya Binjai Semester 1 jurusan matematika .Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, connecting, organizing, reflexting, extending (CORE).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...