JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 3, No 1 (2018): September 2018

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE TUTOR SEBAYA

Haryati Ahda nasution (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Nurdalilah Nurdalilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2018

Abstract

 Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah metode tutor sebaya dan pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Empat. Sampel penelitian  kelas VIII-3 (kelas kontrol) dan kelas VIII-4 (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan analisis data, hasil belajar kognitif dengan menerapkan metode tutor sebaya pada siswa lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif dengan menerapakan pembelajaran konvensional..Kata Kunci: Hasil Belajar  Kognitif, Metode Tutor Sebaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...