JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)

PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNA GRAHITA USIA SD AWAL

Rika Sa’diyah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Siti Khosiah Rochmah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

Anak tuna grahita termasuk anak berkebutuhan khusus (special need) yang sebelumnya dikenal dengan istilah tuna mental, cacat mental atau retalisasi mental. Anak tuna grahita usia SD awal adalah anak kelas 1-3 SD yang memiliki kecerdasan di bawah kecerdasan anak normal, yang tidak memungkinkan untuk mengikuti pelajaran atau pendidikan di sekolah umum karena intelegensi di bawah rata-rata anak normal, sehingga perkembangan berfikirnya sangat lamban. Peran guru PAI dalam membantu kesulitan anak tuna grahita usia SD awal agar memperoleh bekal untuk hidup di tengah-tengah masyarakat secara normal, termasuk perihal pengamalan agama penting diperhatikan mengingat Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menghasilkan calon guru agama seperti Fakultas Tarbiyah tidak dibekali dengan berbagai keahlian khusus untuk mengajar di Sekolah Luar Biasa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Education

Description

JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) se Indonesia. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei dan November. Redaksi ...