Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Anak SDN Kebedilan Kota Serang)

Budhi Tristyanto (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan sosial anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Desaign. Dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak kelas II dan III SD Kebedilan Kota Serang. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang dilakukan dari hasil pengamatan sikap anak, diperoleh nilai akhir rata-rata perkembangan sosial pada kelas eksperimen 32,3 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 29,35. Kemudian pada uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,024, karena 024 < 0,05 maka Ho ditolak. Selanjutnya rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen bernilai 0,4578, sedangkan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol bernilai 0,3398. Maka terdapat peningkatan dan perbedaan perkembangan sosial anak pada kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan permainan tradisional engklek dengan perkembangan sosial anak pada kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...