Latar belakang: Kecelakaan/kedaruratan pada peserta didik PAUD kerap datang dalam waktu yang tak terduga dan mengakibatkan kesedihan dan kepanikan luar biasa pada pendidik/guru dan orang tua. Apabila lambat tertangani, bisa menimbulkan gangguan kesehatan peserta didik yang lebih serius, yang sebetulnya dapat dicegah. Jika dilakukan pelatihan peningkatan pengetahuan dan demonstrasi/praktek penanganan kedaruratan peserta didik PAUD, maka pendidik PAUD se-Kecamatan Purwokerto Barat bisa memiliki pemahaman dan praktik penanganan kedaruratan pada peserta didik PAUD, dan pengetahuan serta praktek tersebut dapat ditularkan kepada teman sejawat/sesama pendidik PAUD di PAUD-nya masing-masing. Tujuan: Meningkatkan peningkatan pengetahuan dan praktek penanganan kedaruratan. Metode: Metode pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, pembagian booklet dan demonstrasi penanganan kedaruratan pada peserta didik. Statistik uji t berpasangan digunakan untuk menilai efektifitas peningkatan skor pengetahuan dan praktek. Hasil: Terjadi peningkatan skor pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan dengan selisih 24,34 poin, begitu juga dengan skor praktek menunjukkan peningkatan sebesar 26,41 poin. Hasil p value uji t berpasangan skor pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan sebesar 0,0001 dan p value uji t skor praktek sebelum dan sesudah pelatihan sebesar 0,0001. Kesimpulan: Metode ceramah, tanya jawab dan simulasi disertai pembagian booklet dapat merubah pengetahuan dan praktek anggota Himpaudi Purwokerto Barat dalam menangani kedaruratan pada peserta didik.
Copyrights © 2015