AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 8, No 2 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Manajemen Karakter Peserta Didik melalui Keterampilan Menulis Kritis

Yasinta Mahendra (STKIP Muhammadiyah Kotabumi)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Manajemen adalah proses yang dikerjakan untuk mencapai tujuan, baik perorangan maupun organisasi. Sedangkan karakter sendiri bermakna watak, tabiat, atau sifat-sifat kejiwaan yang ada dalam diri seseorang, dapat berasal dari keturunan atau ada faktor lain yang dapat mempengaruhi  kakater itu sendiri. Karakter berpengaruh pada model fikiran yang akan dihasilkan seseorang nantinya dalam berfikir dan menentukan sikap. Maka sebaiknya karakter harus di bentuk sejak usia sedini mungkin agar setiap anak terbiasa dengan pola fikir yang positif namun kritis. Kesalahan dalam mendidik anak dapat berakibat pada rendahnya karakter yang dimiliki anak.Menulis adalah penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai medianya. Keterampilan menulis dikuasai hampir sebagian besar orang terutama dalam dunia akademisi, karena kaum akademisi biasnya dikenal dengan istilah kaum intelektual dan identik dengan kritis. Untuk itu ada korelasinya antara menulis kritis dengan manajemen karakter peserta didik, yang diharapkan nantinya pembelajaran menulis kritis ini dapat menguatkan karakter yang ada dalam diri setiap peserta didik. Kata Kunci : Manajemen, Menulis kritis, Karakter

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...