Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Volume 3, Nomor 1 Tahun 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Murniati, Murniati (Unknown)
Astuti, Endah Resnandari Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu penjelasan guru dalam mengajar yang bersifat monoton, gaya mengajarnya yang bersifat membosankan, mengakibatkan siswa kurang aktif disaat proses belajar, sehingga hasil yang diperoleh kurang efektif. Salah satu untuk mengatasi masalah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), sehingga dapat mengatasi masalah dalam belajar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah AdaPengaruhModel Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas VIII di SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017?Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas VIII di SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi kuadrat (. Hasil analisis diperoleh nilai sebesar12,320 dan nilai  pada taraf Signifikan 5% dengan dk(k-1)=5-1=4  (R-1)=2-1=1+4= 5,lebih besar dari pada nilai  pada tabel (12,320 >11,070), berarti bahwa ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas VIII di SMPN 3 Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini“signifikan”.Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps), Kreativitas Belajar.Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps), Kreativitas Belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Educational Technologi IKIP Mataram. JTP is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, ...