Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2017): Juni 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK, BAHASA,KOGNITIF, DAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI

Ason, Ason (Unknown)
Waridah, Waridah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2017

Abstract

Abstract : This research is experimental implementation of cooperative learning model make a match based scientific approaches to foster the development of motor, language, social and emotional kognif early childhood to early childhood and kindergarten Melawi. The process of implementing a series of activities carried out in collaboration between teachers, students, and faculty. Research conducted learning model is based on scientific. This is in line with the principle of the curriculum in 2013 which greatly accentuate its implementation with a scientific approach to student-centered learning. The sample was early childhood on Nanga Pembina State kindergarten and early childhood Pinoh Permata Hati many as 40 children. It accommodates two research studies conducted by students in order to construct a thesis. Therefore, research will be done in collaboration (collaboration classroom action research) by students with early childhood teachers.  The results showed that the application of cooperative learning model make a match the type of influence on aspects of motor development, language, cognitive, social and emotional early childhood on PAUD Melawi. The influence of the application of cooperative learning model type make a match on every aspect of early childhood development appears the growth of development of each aspect. In the aspect of the motor of growth seem significant increase in scores occurred 80% of the first meeting, a second meeting 83%, and the third meeting amounted to 85.5%. In the aspect of language is also apparent from the growth scores increase significantly going from 78% the first meeting, a second meeting 81%, and the third meeting amounted to 84.25%. Furthermore, on aspects of cognitive development seems to increase growth score occurs significantly, but the overall score is below the motor and language aspects of the first meeting of the 70%, 73% the second meeting, and the third meeting of 76%. This happens on the emotional aspects of social development where balanced growth of 66% in the first meeting, a second meeting 69%, and the third meeting by 72%.Thus the type of cooperative learning model make a match can be implemented to foster the development of motor, language, cognitive, social and emotional early childhood on ECD Melawi.Key words: learning model, kooperatiftipe make a match, scientific, developmental aspects, PAUD Melawi Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Menumbuhkan Perkembangan Motorik, Bahasa, Kognif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini (PAUD). Proses penerapan dilakukan dalam rangkaian kegiatan kolaborasi antara guru, mahasiswa, dan dosen. Penelitian model pembelajaran yang dilakukan adalah berbasis pada saintifik. Hal ini sejalan dengan prinsip kurikulum 2013 yang implementasinya sangat menonjolkan pendekatan saintifik dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sampel penelitian ini adalah anak usia dini pada TK Negeri Pembina Nanga Pinoh dan PAUD Permata Hati sebanyak 40 anak. Studi ini mengakomodasi dua penelitian  yang dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka menyusun skripsi. Oleh karena itu penelitian akan dilakukan secara kolaborasi (collaboration classroom action research) oleh mahasiswa dengan guru PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match berpengaruh terhadap aspek perkembangan motorik, bahasa, kognitif, dan social emosional anak usia dini pada PAUD Kabupaten Melawi. Pengaruh penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match pada setiap aspek perkembangan anak usia dini nampak adanya pertumbuhan  perkembangan masing-masing aspek. Pada aspek motorik pertumbuhan tampak dari peningkatan skor  secara signifikan terjadi dari pertemuan pertama 80%, pertemuan kedua 83%, dan pertemuan ketiga sebesar 85,5%. Pada aspek bahasa juga pertumbuhan nampak dari peningkatan skor  secara signifikan terjadi dari pertemuan pertama 78%, pertemuan kedua 81%, dan pertemuan ketiga sebesar 84,25%. Selanjutnya pada aspek perkembangan kognitif pertumbuhan Nampak pada peningkatan skor  yang terjadi secara signifikan , namun skor secara keseluruhan berada di bawah aspek motorik dan bahasa yakni  pertemuan pertama 70%, pertemuan kedua 73%, dan pertemuan ketiga sebesar 76%. Hal ini terjadi pada aspek perkembangan social emosional dimana skor pertumbuhan pada pertemuan pertama 66%, pertemuan kedua 69%, dan pertemuan ketiga sebesar 72%. Dengan demikian model pembelajaran koperatif tipe make a match  dapat diterapkan untuk menumbuhkan  perkembangan motorik, bahasa, kognitif, dan social emosional anak usia dini pada PAUD Kabupaten MelawiKey words: Model pembelajaran, kooperatiftipe make a match,saintifik, Aspek perkembangan, PAUDMelawi

Copyrights © 2017