IQTISHADUNA: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
Vol. 8 No. 2 (2017): Desemeber 2017

KRITIK TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Kota Mataram)

Baiq El Badriati (UIN MATARAM)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2017

Abstract

Murabahah adalah salah satu akad jual beli bernilai tijarah yangmempunyai nilai keuntungan. Akad murabahah merupakan akadyang paling populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia.Murabahah menjadi “idaman” di lembaga keuangan syariahkarena profil risiko untuk pembiyaan jenis ini cenderung lebih kecildibandingkan dengan pembiayaan yang lain seperti mudharabahdan musyarakah. Namun terdapat catatan mengenai pembiayaanmurabahah ini, di antaranya bahwa sistem margin pada pembiayaanmurabahah, mudah disalahartikan sebagai konsep “kredit syariah”oleh masyarakat awam. Di sisi lain, secara makro, pembiayaan jenisini membuat nuansa moneter menjadi lebih menonjol dibandingkansektor riil, karena pembiayaan murabahah pada umumnya bersifatkonsumtif, sehingga tidak sesuai dengan cita-cita ekonomi Islamyang menuntut keseimbangan antara sektor moneter dan sektorriil.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

iqtishaduna

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Iqtishaduna merupakan jurnal yang menfokuskan pada publikasi artikel di bidang kajian ekonomi dan keuangan syariah. Jurnal ini terbit pertama kali tahun 2011 oleh Fakultas Syariah IAIN Mataram yang dalam perkembangannya sejak tahun 2016 kemudian dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN ...