Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP)
Vol 5 No 2 (2018): Vol 5 No 2 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Perang Dunia II Dengan Penerapan Model Think-Pair-Share Siswa Kelas IX B SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Muryani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu Mata Pelajaran yang diajarkan dalam kurikulum bagi siswa SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo khususnya Kelas IX B yang perlu mendapat perhatian yang serius, karena hal ini merupakan dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar dan standar kompetensi berikutnya pada Semester I.. Berdasarkan data yang ada bahwa sejumlah 47,62% atau 10 siswa belum memahami sepenuhnya materi ajar, nilai ulangan harian rerata 58,00 dan 47,72% atau 10 siswa memiliki nilai di bawah rata-rata kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Peranan Model Pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan kemampuan Mendeskripsikan Perang Dunia II ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 74,28; siklus II 78,57, dan siklus III 82,38. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I hanya 66,67%, siklus II meningkat menjadi 85,71%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 95,24% Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar serta aktivitas siswa dalam pembelajaran pada materi ajar Mendeskripsikan Perang Dunia II.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan ini memuat karya hasil penelitian, kajian teori pendidikan khususnya pembelajaran dan tulisan tentang pengembangan dan inovasi pendidikan dan pembelajaran.Terbit 4 (empat) bulan ...