Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP)
Vol 5 No 3 (2018): Vol 5 No 3 (2018)

Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas V Semester II SD Madyogondo 2 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang

Indira M. S. Ferdinandus (Universitas Kristen Satya Wacana)
Stefanus C. Relmasira, S.Pd., MS.Ed. (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Agustina Tyas Asri Hardini, S.Pd., M.Pd. (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa SDN Madyogondo 2 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Madyogondo 2 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN 2 Madyogondo dengan hasil keaktifan meningkat menjadi 83% dan hasil belajar menjadi 87% sehingga dapat dikatakan berhasil.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan ini memuat karya hasil penelitian, kajian teori pendidikan khususnya pembelajaran dan tulisan tentang pengembangan dan inovasi pendidikan dan pembelajaran.Terbit 4 (empat) bulan ...