JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 7 No 1 (2019): Vol.7.No.1.2019

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XSMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

Erlina Sari Harahap (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi DI Kelas XSMA Negeri7Padangsidimpuan. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh yaitu f hitung sebesar 13,205 dan nilai signifikan sebesar 0.000. Artinya f hitung< f tabel (0.000 < 0.05). Hal ini berarti bahwa jika siswa mempunyai sikap serta kebiasaan belajar yang baik dan mempunyai tingkat kemampuan intelegensi (IQ) yang tinggi tentunya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...