JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPA1 SMA NEGERI 1 RENGAT BARAT PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Silaban, Ellis (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Untuk melihat hasil belajar siswa Kelas Kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Rengat Barat pada semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah;dan 2) Untuk melihat sejauh mana peningkatan aktivitas siswa Kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Rengat Barat pada pembelajaran matematika dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 2 bulan menunjukkan bahwa; 1) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas SMA Negeri 1 Rengat Barat. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari tes hasil belajar pertemuan 1 dan 2 siklus I dan juga hasil tes pada pertemuan 1 dan 2 siklus II. Peningkatan hasil belajar ini disebabkan karena siswa mengalami proses pembelajaran dimana siswa dapat menemukan jawaban dari permasalahan yang dirumuskan oleh guru berdasarkan data-data dan fakta-fakta yang diperolehnya serta dapat mengeneralisasi pengetahuan yang diperolehnya ; 2) penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika di KelasXII IPA1 SMA Negeri 1 Rengat Barat. Peningkatan terjadi dari setiap pertemuan masing – masing siklus dan dari siklus I ke siklus II. Siswa juga tertarik dalam memperhatikan materi yang sedang disampaikan dan sudah berani mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari.Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yakni sebesar 78,00 dan nilai rata-rata siswa pada siklus II sbesar.84,83sehingga terjadi peningkatan sebesar 6,83.Sedangkan jika dilihat dari persentase siswa yang tidak tuntas pada siklus I sebesar 33 % dan yang tuntas 67%. Sementara itu pada siklus II yang tidak tuntas hanya tinggal 6% dan yang tuntas 93%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...