Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Vol 3, No 1 (2019)

MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA ARRIDHO TANJUNG MORAWA

Muhammad Yusuf Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan kepala madrasah dalam implementasikurikulum pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho Tanjung Morawa, untuk mengetahui pengorganisasiankepala madrasah dalam implementasi kurikulum pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho TanjungMorawa, untuk mengetahui pengawasan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum pendidikan diMadrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho Tanjung Morawa, untuk mengetahui evaluasi kepala madrasah dalamimplementasi kurikulum pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho Tanjung Morawa. Jenis penelitianyang digunakan adalah kualitatif. Hasil Penelitian yaitu: 1) Perencanaan kepala madrasah dalam implementasikurikulum pendidikan di madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho Tanjung Morawa dilakukan di awal semesterpada tahun ajaran baru dan semua unsur terlibat dalam perencanaan kurikulum termasuk kepalasekolah, penanggung jawab kurikulum, wali kelas dan guru-guru bidang studi. Proses penyusunan perencanaanini dengan cara kepala madrasah memberikan desain umum sebagai gambaran kurikulum yang iakandilaksanakan. Adapun tujuan perencanaan ini adalah sebagai panduan pembelajaran ke depan agarketika masuk ke kelas sudah mempunyai konsep dan tinggal mengembangkan sesuai dengan media,suasana belajar dan lainnya sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan. 2) Pengorganisasian kepalamadrasah dalam implementasi kurikulum pendidikan di madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho TanjungMorawa dengan cara kepala madrasah mengorganisasikan secara langsung dan melibatkan penanggungjawab bidang kurikulum. Cara pengorganisasian yang dilakukan adalah dengan meminta penilaian akhirkepada guru-guru sehingga penilaian akhir tersebut bisa dianalisis. 3) Pengawasan kepala madrasahdalam implementasi kurikulum pendidikan di madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho Tanjung Morawamelalui peran kepala madrasah secara langsung mengawasai implementasi kurikulum, selain itu pengawasanjuga dilakukan oleh pengawas dan kemudian khusus untuk tingkat madrasah dibantu oleh penanggungjawab kurikulum yang sudah dipercaya. Pengawasan kepala sekolah dilakukan dengan dua teknik, yaituteknik manual dengan cara kepala madrasah langsung meminta laporan yang diberikan guru-guru, kemudianteknik yang kedua dengan teknologi berupa grupWhatsApp.4) Evaluasi kepala madrasah dalam implementasikurikulum pendidikan di MIS Ar-Ridho Tanjung Morawa dengan bentuk evaluasi yang dilakukan kepalamadrasah melalui penilaian akhir yang dilaporkan guru-guru kepada kepala madrasah kemudian menganalisispenilaian akhir apakah sudah sesuai atau belum sesuai target kurikulum yang sudah ditetapkan sebelumnya.Kata Kunci: Manajemen, Kepala Madrasah dan Implementasi Kurikulum.

Copyrights © 2019