Sahafa Journal of Islamic Communication
Vol 1, No 2 (2019): SAHAFA Journal of Islamic Communication

Pariwisata Halal di Aceh : Gagasan dan Realitas di Lapangan

Rahmat Saleh (Universitas Syiah Kuala)
Nur Anisah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

AbstrakSalah satu yang terlintas ketika orang menyebut Aceh adalah penerapan Syariat Islam dalam setiap sendi kehidupan, tidak terkecuali dalam aspek pariwasata. Wisata halal merupakan upaya yang terus dilakukan oleh jajaran Pemerintah Aceh untuk mewujudkan merek Aceh sebagai simbol halal. Faktanya Aceh memenangkan tiga kategori dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 versi Kemenpar RI. Potensi pariwisata Aceh pun sangat menjanjikan baik dari sisi keragaman dan keunikan budaya, kekhasan kuliner, cita rasa kopi, atmosfir di warung kopi, budaya Islami dan pesona alamnya yang indah dan natural. Upaya melakukan branding Aceh sebagai wisata halal menjadi tantangan yang tidak mudah untuk diimplementasikan. Label halal di Aceh sejatinya bukanlah sebuah terminologi yang perlu diperdebatkan lagi. Semua pihak percaya bahwa keabsahan halal di Aceh (khususnya kuliner) bahkan tidak memerlukan pengakuan di atas kertas berupa sertifikasi lembaga otoritas resmi seperti MUI. Namun ketika label halal ingin diwujudkan dalam aspek pariwisata, maka pertanyaannya adalah apa dan bagaimana wisata halal yang ingin diwujudkan di Aceh? Sejauh mana pengalaman label halal tersebut dapat dirasakan publik dan turis? Bagaimana branding halal dipahami oleh para pihak dan bagaimana ketersediaan infrastruktur yang mendukung branding wisata halal. Tulisan ini merupakan library research dan membahasnya dari perspektif komunikasi pemasaran dan kreativitas pesan dari sisi kehumasan. AbstractOne of the things that come to mind when people call Aceh is the application of Islamic Shari’a in every aspect of life, including the aspect of tourism. Halal tourism is an ongoing effort by the Acehnese Government to realize the Aceh brand as a halal symbol. The fact is that Aceh won three categories in the 2016 National Halal Tourism Competition held by the ministry of Tourism of Republic of Indonesia. Aceh’s tourism potential is very promising both in terms of diversity and unique culture, culinary peculiarities, coffee flavors, atmosphere in the coffee shop, Islamic culture and its natural and beautiful natural charm. Efforts to branding Aceh as halal tourism are challenges that are not easy to implement. The halal label in Aceh is actually not a terminology that needs to be debated again. All parties believe that the legal validity in Aceh (especially culinary) does not even require recognition on paper in the form of certification of official authority institutions such as the MUI. But when the halal label wants to be realized in the aspect of tourism, the question is what and how halal tourism wants to be realized in Aceh? How far can the experience of the halal label be felt by the public and tourists? How halal branding is understood by the parties and the availability of infrastructure that supports halal tourism branding. This paper is a library research and discusses it from the perspective of marketing communication and message creativity from the view of public relations.

Copyrights © 2019