Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Vol 2, No 2 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE JIGSAW LEARNING DI KELAS III SD NEGERI MUHARA KECAMATAN PACET KABUPATEN CIANJUR

Santana Taqwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode jigsaw learning pada siswa kelas III A SD Negeri Muhara Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Dengan menerapkan metode jigsaw learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subjek siswa kelas III A SD Negeri Muhara Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Pengumpulan  data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi dan tes tertulis setiap individu dan kelompok pada akhir pelajaran. Data yang diperoleh dari tiap- tiap siklus dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa meningkat yang berdampak pada prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw learning, dengan hasil sebagai berikut: pada siklus I rata-rata nilai kelas 63,75 (ketuntasan belajar 36,4%) meningkat menjadi 70 (51,5%)pada siklus II dan lebih meningkat lagi pada siklus III menjadi 84 (87,9%).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

atthulab

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal merupakan Jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertujuan untuk mewadahi para dosen, para peneliti dan pendidik Agama Islam di sekolah/madrasah dalam mempublikasikan hasil penelitian ...