cover
Contact Name
Miftahul Fikri
Contact Email
miftahulfikrisiwa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
ISSN : 25035282     EISSN : 25030971     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal merupakan Jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertujuan untuk mewadahi para dosen, para peneliti dan pendidik Agama Islam di sekolah/madrasah dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka di bidang pembelajaran PAI.
Arjuna Subject : -
Articles 134 Documents
PENERAPAN MODEL QUICK ON THE DRAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PAI SISWA Mohamad Erihadiana; Wulan Lismawati
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2720

Abstract

Berpikir kreatif merupakan masalah penting dalam pembelajaran. Banyak guru di sekolah dasar atau menengah masih kurang memperhatikan kemampuan ini. Dengan mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa guru memperoleh wawasan yang luas tentang potensi dan bakat yang dimiliki siswa-siswinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif PAI siswa melalui model pembelajaran quick on the draw dengan menggunakan media permainan bingo pada siswa kelas VII-D SMPN 1 Cibatu Kab. Garut Tahun Pelajaran 2016/2017. Kemampuan berpikir kreatif yang di gunakan peneliti lebih menekankan pada ranah kognitif taksonomi bloom dimensi baru, antara lain: mengingat (remember), memahami (understand), menerapkan (applyze), menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), dan menciptakan (create). Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dan lembar tes berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan presentase 72,9 pada siklus I menjadi 77,54 pada siklus II, aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 63,75% pada siklus I menjadi 72,5%. Sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 67,5% pada siklus I menjadi 72,8% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quick on the draw dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif PAI siswa kelas VII-D SMPN 1 Cibatu Kab. Garut tahun pelajaran 2016/2017.
ANALISIS MATERI AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA MENGHINDARI FAHAM RADIKALISME PADA PARA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH Dadan Nurulhaq
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 1 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i1.2437

Abstract

Religious radicalism occurred due to the understanding of the faith that is not true, because faith is not really going to lead to a blind fanatic behavior, impose his will and being loud and rude. While true faith will lead to right behavior. Creed became especially on the matter at the madrasah madrasahaliyah. Based on the analysis of the material on the creed of madrasah aliyah that have different backgrounds such as NahdlatulUlama (NU), Muhammadiyah and Persis that there is the same concept of the urgency of the true faith and creed learning efforts that will result in learners madrasah aliyah for blind fanatics, tough and rough. Although it furu'iyah they have all kinds of differences, but for the affairs of the same creed is based on the belief ahlussunnahwalJama'ah. Analysis of the material MA moral theology is necessary to fortify the faith of the students with the correct creed that is not easily influenced by creeds that actually mislead them and afflict the lives of the people of Indonesia. This research method using qualitative methods were trying to find the details about the curriculum of moral theology at three study sites. Results of this study found that the condition of moral theology curriculum at three study sites is referring to the curriculum of religious ministry RI to plus materials typical of the three study sites. The efforts made on the three research sites in avoiding radicalism is through learning that does not make learners fanatic and violent.
PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP AKHLAK ANAK SEHARI-HARI Zaenal Muftie
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2725

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terlihat dalam akhlak siswa SMK Al Amin. Pada sisi lain orang tua menginginkan anak-anak mereka menjadi anak-anak yang shaleh dan berakhlakul karimah. Mereka berusaha sekuat tenaga membimbing anaknya agar mempunyai perilaku Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh komunikasi orang tua dalam rumah tangga terhadap akhlak anak sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa komunikasi orang tua dalam rumah tangga telah memberika pengaruh yang dapat meningkatkan kualitas akhlak anak sehari-hari.
TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENERAPAN METODE MARKET PLACE ACTIVITY HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI FIQIH POKOK BAHASAN PENGELOLAAN WAKAF Undang Burhanudin; Feny Yatmasari
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2716

Abstract

Dewasa ini proses pembelajaran lebih mengutakan peserta didik, dan hasil belajar menjadi target ketercapaian dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan berbagai metode aktif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran aktif pada siswa di kelas adalah metode pembelajaran market place activity. Adapun tujuan penelitian ini adalah, Pertama untuk mengetahui tanggapan siswa kelas X SMKN 10 Bandung terhadap penerapan metode market place activity, Kedua untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMKN 10 Bandung pada pelajaran PAI Materi Fiqih Pokok Bahasan Pengelolaan Wakaf, Ketiga untuk mengetahui hubungan anatara Tanggapan siswa terhadap penerapan metode market place activity dengan hasil belajar mereka pada pelajaran PAI materi Fiqih pokok bahasan Pengelolaan Wakaf. Pada umumnya penelitian ini bersifat empirik, karena menggunakan metode Deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Angket dan Tes soal. Sample yang dimiliki sejumlah 40 Responden dari jumlah Populasi sebesar 117 orang siswa kelas X Tari dan Broadcast SMKN 10 Bandung. Teknik analinis yang digunakan dengan analisis Parsial dan Korelasi untuk mengetahui hubungan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa, Pertama mengenai tanggapan siswa terhadap penerapan metode market place activity diperoleh data pada masing-masing indikator yaitu (3,8+3,9+3,8+3,8+3,9+3,9+3,9+3,8+3,8+3,7): 10 = 3,83 data ini dikualifikasikan Baik, Kedua mengenai hasil belajar pada pelajaran PAI materi Fiqih pokok Bahasan Pengelolaan Wakaf yaitu (89+74,2+88,3+71,8) : 4 = 80,8 data ini dikualifikasikan Sangat Baik. Karenanya variabel x dapat mempengaruhi variabel y sebesar 40% berdasarkan data yang diperoleh.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Hariman Surya Siregar
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 1 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i1.2438

Abstract

Dari hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SPM Karya Budi Kabupaten Bandung didapatkan data kurangnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran agama Islam, hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa yang masih banyak dibawah KKM. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunanak dalam pnelitian ini adalah eksperimen semu dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran agama Islam.
PARTISIPASI SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDALAMAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA MENGANTISIPASI DEKADENSI MORAL Undang Burhanudin
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 1 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i1.2433

Abstract

Dekadensi merupakan isu yang selalu menjadi sorotan publik terlebih yang terjadi pada anak SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya terhadap dekadensi moral melalui pengembangan ekstra kurikuler pendalaman pendidikan agama Islam yang dilakukan di SMAN 1 Cimalaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis korelasional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Penyebaran angket ditujukan kepada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PAI yaitu 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas partisipasi siswa pada kegiatan ekstrakurikuler PAI berkualifikasi tinggi yaitu sebesar 3,88 yang berada pada interval 3,40–4,19 dan realitas upaya siswa mengantisipasi dekadensi moral berkualifikasi tinggi yaitu sebesar 3,93 yang berada pada interval 3,40–4,19. Korelasi antara partisipasi siswa pada kegiatan ekstrakurikuler PAI dengan upaya siswa mengantisipasi dekadensi moral positif dan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan angka koefisien 0,57 yang berada pada rentang 0,40–0,599. Signifikansi koefisien korelasi diperoleh t hitung (3,81) > t tabel (1,697). Jadi, kontribusi partisipasi siswa pada kegiatan ekstrakurikuler PAI terhadap upaya siswa mengantisipasi dekadensi moral adalah sebesar 32,49%, sementara 67,51% merupakan kontribusi dari faktor lain. Implikasi dari simpulan tersebut adalah untuk meningkatkan upaya siswa mengantisipasi dekadensi moral dapat dilakukan melalui peningkatan partisipasi siswa pada kegiatan ekstrakurikuler PAI.
PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HADITS TENTANG TOLERANSI HUBUNGANNYA DENGAN SIKAP MEREKA TERHADAP SISWA NON-MUSLIM (Penelitian pada Siswa Kelas XI di SMAN 11 Bandung) Mukarom Mukarom
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2726

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi; realitas sikap terhadap siswa non muslim; dan realitas hubungan antara pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi dengan sikap terhadap siswa non muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dipandang paling cocok untuk menggali, mengungkapkan, serta menganalisis fenomena dan permasalahan yang ada. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara tes, angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data, dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi berkualifikasi baik, hal ini terbukti dari skor rata-rata sebesar 77,05, sedangkan sikap terhadap siswa non muslim berkualifikasi cukup, hal ini terbukti dari skor rata-rata sebesar 3,26. Sedangkan hasil perhitungan statistik menunjukkan adanya keterkaitan antara pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi dengan sikap terhadap siswa non muslim. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan adanya koefisien korelasi sebesar 0,41.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI Cecep Anwar; Novi Yulianti
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2721

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SMPN 1 Cariu Kecamatan Cariu Bogor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, salah satunya masih rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas VII 8. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa salah satu metode yang diasumsikan mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar, penerapan metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar, dan bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII 8 dengan jumlah siswa 35 orang. Adapun istrumen yang digunakan yaitu silabus, RPP, lembar observasi guru dan siswa serta angket siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa. Siklus 1 hasil observasi keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 73,28% dikategorikan aktif diperkuat dengan hasil angket keaktifan belajar siswa dengan persentase 76,19% dikategorikan aktif. Siklus II hasil observasi keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 86,78% dikategorikan sangat aktif diperkuat dengan hasil angket keaktifan belajar siswa dengan persentase 84,41% dikategorikan sangat aktif.
TANGGAPAN SISWA TERHADAP PEMBIASAAN MEMBACA AL QURAN HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MEREKA PADA MATA PELAJARAN PAI Zaenal Muftie
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 1 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i1.2439

Abstract

Permaslahan dalam penelitian ini adalah terlihat dalam motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Pada sisi lain guru melakukan segala upaya agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembiasaan membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pembiasaan siswa yang dilakukan oleh guru dalam membaca Al-Quran terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam membaca Al-Quran telah memberikan pengaruh yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA GURU Irfan Ahmad Zain
Jurnal al-Thullab Vol 1, No 1 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v1i1.2434

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang selalu berada di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh guru bidang studi pendidikan agama Islam.penelitian in bertujuan untuk membuktikan bahwa keterampilan guru dalam memberikan pertanyaan kepada siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.Metode yang digunkana dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua kali sklus dan setiap siklusnya satu kali tindakan. Hasil penelitian membuktikan, Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan keterampilan bertanya guru, hasil belajar siswa tentang surat At-Tin mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa baik secara individu maupun klasikal dari pre-test ke siklus I kemudian mengalami peningkatan yang cukup signifikan padas iklus ke II.

Page 1 of 14 | Total Record : 134