Jurnal Ilmiah AL-Jauhari Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner
Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari

EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR MANDIRI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 GORONTALO

Darmawati Zakaria (Pasca Sarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Sulaiman Ibrahim (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Guru sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran membantu setiap peserta didik mengatasi kesulitan belajar baik secara individual maupun kelompok, melalui bimbingan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam pelaksanaan bimbingan belajar mandiri dan menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar mandiri di SMK Negeri 3 Gorontalo terdapat 3 proses tahapan yaitu 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; dan 3) Penilaian, Terbukti besarnya pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan teknik individual dan kelompok keseluruhannya tuntas belajar (100%). Teknik individual rerata prosentase baik sekali 57.89 dan rerata prosentase kriteria baik 42.11 %. Sedangkan keberhasilan teknik kelompok rerata prosentase baik sekali 66.67 %, dan rerata prosentase kriteria baik 33.33%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aj

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Ilmiah AL-Jauhari Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner adalah jurnal yang diterbitkan oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo, terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Fokus kajian adalah Studi Islam Interdisipliner yang menampilkan hasil penelitian tentang keislaman. print ISSN: ...