Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat
Vol 7, No 4 (2018): Desember

UPAYA MEMBANGUN JATI DIRI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KAJIAN KOMPARASI DONGENG INDONESIA DAN JERMAN

Dian Indira (Universitas Padjadjaran)
Kamelia Gantrisia (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2019

Abstract

Pada umumnya para siswa sekolah dasar sudah diperkenalkan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa asing pertama. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pengenalan lagu dan dongeng berbahasa Jerman,  khalayak sasaran adalah siswa  SD Cikeruh 2 Kecamatan Jatinangor.  Bahasa Jerman merupakan bahasa yang tidak pernah dikenal para siswa.  Oleh karena itu, kepada para siswa terlebih dahulu diperkenalkan secara singkat tentang negara dan  masyarakat Jerman, sebelum  para siswa menyaksikan penayangan video  tentang lagu dan dongeng berbahasa Jerman. Metode yang dilakukan adalah metode ceramah, menyimak tayangan video, diskusi, dan diakhiri dengan evaluasi  berupa tes tulis. Melalui kegiatan tersebut wawasan para siswa bertambah tentang bahasa dan budaya Jerman.  Selain itu, dengan mengajak para siswa melihat video tentang lagu dan dongeng berbahasa Jerman,  mereka dapat mengkomparasinya dengan lagu dan dongeng Indonesia yang telah mereka kenali. Dengan mengetahui bahwa lagu dan dongeng dari Indonesia tidak kalah dengan lagu dan dongeng dari Jerman, diharapkan terbina kebanggaan para siswa dalam rangka membangun  jati diri bangsa. 

Copyrights © 2018