Majalah Ilmiah Biologi BIOSFERA: A Scientific Journal
Vol 36, No 1 (2019)

Hubungan Jenis Kelamin dengan Kejadian Infeksi HBV dan HCV pada Orang dengan HIV/ AIDS (ODHA)

Forman Novrindo Sidjabat (Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan IIK Bhakti Wiyata Kediri Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 65 Kediri)
Durroh Humairoh (Biologi Fakultas Sains Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 65 Kediri)
MM Riyaniarti Estri (Biologi Fakultas Sains Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 65 Kediri)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Data statistik Ditjen PP dan PL Kemenkes RI menyebutkan  bahwa  kasus  HIV/AIDS  di  Indonesia  sampai  bulan  Maret 2016 mencapai 276.511 penderita, dan 11,4% diantaranya tercatat di Jawa Timur (Jatim). Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) sering terkena virus hepatitis, sekitar sepertiganya memiliki penyakit infeksi bersamaan dengan HBV atau HCV, yang dalam jangka panjang akan menyebabkan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara jenis kelamin dengan kejadian infeksi HBV dan HCV pada ODHA. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 81 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang melakukan tes HIV di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kota Kediri. Penelitian ini tidak menemukan adanya hubungan antara jenis kelamin dengan kejadian infeksi HBV dan HCV pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA). 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biosfera

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Majalah Ilmiah Biologi Biosfera : A Scientific Journal merupakan peer reviewed jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman. Media ini mewadahi hasil-hasil penelitian di bidang biologi tropika yang terbit tiga kali setahun (Januari, Mei, ...