Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi
Vol 2 No 4 (2016): Oktober

Pengembangan Buku Ajar Fisika Dasar I Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Memotivasi Mahasiswa untuk Belajar Mandiri

Habibi Habibi (Unknown)
Lovy Herayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan buku ajar Fisika Dasar I yang berbasis self regulated learning yang dapat memotivasi mahasiswa di dalam belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu Development and Research dengan mengadopsi tahapan model pengembangan 4D yaitu  Define (pendefinisian), Design (perancangan),  Develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Tahap Define dilakukan untuk menentukan karakteristik produk buku ajar yang dikembangkan melalui studi pendahuluan. Pemilihan format pembuatan buku ajar dilakukan pada tahap Design untuk menghasilkan draft I. Tahap Develop dilakukan untuk menghasilkan draft II, draft III, dan produk akhir dari buku ajar yang dikembangkan. Draft II diperoleh melalui hasil revisi validasi ahli yang direkomendasikan. Draft III merupakan hasil yang diperoleh dari uji kelompok kecil diambil secara random. Produk akhir pengembangan diperoleh dari hasil uji lapangan pada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Hasil validasi buku ajar serta perangkat pendukungnya menunjukkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan serta dapat memotivasi belajar mahasiswa secara mandiri

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang fisika dan pembelajarannya, termasuk teknologi terapan dan teknologi pembelajaran yang sesuai. Terbit perdana pada tahun 2015 dan mulai tahun 2017 JPFT terbit 2 kali dalam ...