JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PENJUMLAHAN BILANGAN KELAS I SEKOLAH DASAR

Ari Indriani (Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2017

Abstract

Masalah yang ingin diteliti adalah adalah bagaimana pembelajaran tematik pada penjumlahan bilangan kelas I Sekolah Dasar? Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran tematik pada penjumlahan bilangan kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian  siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 3 Kunduran Blora. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisisnya adalah analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap pengambilan keputusan/verifikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran tematik cocok digunakan untuk mengajarkan penjumlahan di kelas I Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan siswa kelas I Sekolah Dasar cara berpikirnya masih konkret operasional, di mana dalam proses pembelajaran harus mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.Kata Kunci : pembelajaran tematik, penjumlahan bilangan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the ...