cover
Contact Name
Abdul Halim Fathani
Contact Email
jpm@unisma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpm@unisma.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 24424668     EISSN : 26564564     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the research as well as the results of deep (conceptual) thinking in the field of mathematics education and learning. The focus and scope of this journal include: (1) Development of a model, (2) Media development, (3) Development of mathematics teaching materials, (4) Knowledge of pedagogical content, (5) Evaluation of mathematics learning, (6) The process of mathematical thinking, (7) Study of the theory and practice of mathematics learning, and (8) Study of mathematical integration.
Arjuna Subject : -
Articles 150 Documents
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Agusman Agusman
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.556 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.187

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh kenyataan bahwa kemampuan berpikir siswa di indonesia berada pada tingkat rendah, terutama Siswa sulit menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah, dan menjelaskan hasil-hasil pemikirannya, hal ini disebabkan kurangnya informasi yang diketahui siswa terkait menyusun argumen, dan cara mengkomunikasikan dan Guru selama ini dalam pembelajaran cenderung hanya pada pencapaian hasil belajar bukan pada proses. Hal ini ditunjukkan oleh studi TIMMSS 2011 (Studi Tren di Matematika dan Ilmu Study (TIMSS 2011) menunjukkan bahwa siswa Indonesia berada pada peringkat ke-38 dalam matematika dari 42 negara (Mullis et al. 2012) dan PISA 2012 (hasil PISA 2012 survei menemukan siswa Indonesia di posisi 64 dari 65 negara dalam keterampilan keaksaraan matematika (OECD, 2014) dan juga beberapa penelitian pendahuluan dan hasil-hasil penelitian di beberapa sekolah. Tujuan umum penelitian ini adalah mendesain model  pembelajaran matematika yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis (kemampuan terkait menyusun argumen, dan cara mengkomunikasikan). Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengkaji model pembelajaran matematika yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menyusun indikator-indikator kemampuan berpikir kritis dan (2) menggali pendapat pakar/calon pengguna model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bepikir kritis.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Berpikir kritis, dan indikatorberpikir kritis
ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KECENDERUNGAN MINAT MAHASISWA PASCA STUDI DENGAN METODE HONGARIAN Abdul Halim Fathani; Sikky El Walida
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.481 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.178

Abstract

Perguruan tinggi harus mereformulasi visi, misi dan tradisi yang berorientasi pada efisiensi dan profesionalisme guna membangun dan menghasilkan lulusan yang kompetitif. Universitas Islam Malang, termasuk di dalamnya Program Studi Pendidikan Matematika merupakan salah satu lembaga pendidikan yang turut andil dalam menyiapkan generasi unggul yang mampu bersaing. Setiap orang mempunyai cara yang unik untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapinya. Mahasiswa termasuk individu unik yang mempunyai eksistensi dan memiliki jiwa sendiri, serta mempunyai hak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan iramanya masing-masing yang khas yang dinamakan potensi kecerdasan. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang memiliki tantangan untuk bisa menghasilkan tenaga terampil yang dibutuhkan oleh lapangan kerja dan menghasilkan inovasi yang bisa memberikan manfaat ekonomis secara langsung bagi masyarakat. Tentu, hal ini akan sangat dipengaruhi oleh faktor multiple intelligences yang menjadi kecenderungan setiap individu. Dalam tulisan ini, peneliti melakukan kajian multiple intelligences terhadap kecenderungan minat mahasiswa pasca studi  dengan analisis  Metode Hongarian.Kata Kunci: Multiple Intelligences, Minat Mahasiswa, Pasca Studi, Metode Hongarian
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013 Anies Fuady; Isbadar Nursit
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.968 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.190

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang penilaian. Dengan dikembangkannya Sistem penilaian berbasis ICT tersebut diharapkan dapat mempermudah kinerja guru dalam memberikan penilaian deskriptif pada setiap keunikan kemampuan siswa yang beragam.Target khusus yang ingin dicapai peneliti dalam pengembangan sistem penelitian ini adalah terciptanya produk penelitian berupa sistem penilaian berbasis ICT yang dapat menginterpretasi nilai siswa yang berupa data kuantitatif menjadi data deskriptif yang mampu menggambarkan setiap keunikan masing-masing siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini model 4D. Komponen 4 D terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendifinisian), Design (perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Berdasarkan analisis hasil validasi ahli Pengembang Penilaian dapat disimpulkan bahwa Sistem Penilaian berbasis ICT yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan yaitu cukup valid dengan banyak revisi dan persentase akhir 76,1%. Berdasarkan analisis hasil validasi praktisi memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori sangat valid tanpa revisi dan persentase akhir adalah 90.33%. Berdasarkan hasil analisis validasi user pada 3 Guru Matematika SMP menunjukkan bahwa produk Sistem Penilaian berbasis ICT memiliki kriteria praktis tanpa revisi dengan persentase 82,46%.Kata Kunci : Pengembangan, Sistem Penilaian, Kurikulum 2013, ICT
PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS KEMAMPUAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH METODE NUMERIK Utami, Anita Dewi
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.241 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.193

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik. Penelitian ini menerapkan model Guided Discovery Learning berbassis keterampilan proses pada maata kuliah metode numerik. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester 6 IKIP PGRI Bojonegoro tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ evaluasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal belum memenuhi indikator keberhasilan, sedangkan hasil tes prestasi belajar pada siklus II menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai kategori baik dan memenuhi indikator keberhasilan. Karena tindakan pada siklus II ini sudah berhasil maka tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik melalui model Guided Discovery Learning berbasis kemampuan proses.Kata Kunci: Guided Discovery Learning berbasis kemampuan proses, hasil belajar, dan metode numerik
PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PENJUMLAHAN BILANGAN KELAS I SEKOLAH DASAR Ari Indriani
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.177 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.194

Abstract

Masalah yang ingin diteliti adalah adalah bagaimana pembelajaran tematik pada penjumlahan bilangan kelas I Sekolah Dasar? Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran tematik pada penjumlahan bilangan kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian  siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 3 Kunduran Blora. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisisnya adalah analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap pengambilan keputusan/verifikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran tematik cocok digunakan untuk mengajarkan penjumlahan di kelas I Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan siswa kelas I Sekolah Dasar cara berpikirnya masih konkret operasional, di mana dalam proses pembelajaran harus mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.Kata Kunci : pembelajaran tematik, penjumlahan bilangan
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP MTs AL ROSYID TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Nur Rohman
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.552 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.195

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran  Snowball  Throwing dibandingkan dengan metode ceramah terhadap prestasi belajar matematika siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental  semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di Mts Al Rosyid Kendal Bojonegoro pada tahun akademik 2015/2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas metode bartlett dengan tingkat signifikan 0,05. uji keseimbangan menggunakan  analisis varians satu jalan. Pengujian hipotesis Teknik yang digunakan t-test, rumus Varians yang Terpisah. Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa metode Snowball Throwing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada materi segitiga siswa kelas tujuh di MTS Al Rosyid Kendal Bojonegoro pada tahun akademik 2015-2016.Kata Kunci: Snowball Throwing, Ceramah, Hasil Belajar Matematika
BERPIKIR ANALITIK MAHASISWA DALAM MENGONSTRUKSI BUKTI SECARA SINTAKSIS Puguh Darmawan
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.398 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.196

Abstract

Fenomena menunjukan kegagalan mahasiswa dalam mengonstruksi bukti secara sintaksis dikarenakan mahasiswa tidak berpikir analitik. Kemampuan mahasiswa dalam mengonstruksi bukti sangat menentukan keberhasilannya mempelajari matematika tingkat lanjut, sehingga penelitian untuk mengungkap fenomena ini penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berpikir analitik mahasiswa dalam mengonstruksi bukti secara sintaksis. Untuk mengetahui berpikir analitik mahasiswa, peneliti memberikan masalah pembuktian kepada sekelompok mahasiswa yang telah menempuh Geometri. Dilihat dari keanalitikan jawaban mahasiswa, peneliti menemukan tiga kategori berpikir, yaitu; (1) analitik, (2) semi analitik, dan (3) pre analitik. Berpikir analitik ditandai oleh adanya konstruksi bukti yang jelas, kejelasan algoritma, keruntutuan penalaran, penggunaan simbol secara tepat, setiap pernyataan dilandasi oleh alasan yang tepat dan langkah yang efektif. Berpikir semi analitik ditandai oleh adanya “elemen pengganggu” pemutus rantai implikasi. Berpikir pre analitik ditandai oleh penggunaan gambar sebagai bukti.Kata Kunci : Berpikir Analitik, Bukti, Sintaksis.
PSEUDO KECEMASAN MATEMATIKA Surya Sari Fardiba
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.027 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.197

Abstract

Kecemasan Matematika merupakan salah satu faktor psikologis yang menentukan keberhasilan seseorang dalam belajar matematika pada setiap jenjang usia. Menurut hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada 128 mahasiswa di salah satu universitas di Malang, peneliti menemukan mahasiswa dengan berbagai karakteristik yang mengarah pada kecemasan Matematika. Ada 3 macam karakteristik kecemasan Matematika, yakni: Karakteristik perilaku, fisik, dan kognitif .  Berdasarkan  temuan-temuan yang mengarah pada kecemasan Matematika tersebut, peneliti mencoba melakukan observasi lebih lanjut. Hasilnya, gejala-gejala kecemasan Matematika yang dialami oleh sebagaian mahasiswa  ternyata tidak lagi nampak saat mereka berinteraksi dengan Matematika di luar kelas. Hal inilah yang selanjutnya dikatakan sebagai kecemasan Matematika semu (Pseudo), yakni mahasiswa yang menunjukkan gejala-gejala perilaku, fisik dan/atau kognitif kecemasan Matematika hanya pada saat-saat tertentu. Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Ketidakmampuan belajar Matematika
STRUKTUR REPRESENTASI EKSTERNAL SISWA PADA TRANSISI PENGETAHUAN BAGUN RUANG KE BANGUN DATAR Syarifudin, Syarifudin; Fikriyah, Ummu
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1167.633 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur representasi eksternal siswa tentang transisi pengetahuan mereka dari bangun ruang ke bangun datar. Penelitian ini dilakukan kepada 8 siswa SMP yang sudah menempuh materi bangun ruang. Data diperoleh dari hasil pekerjaan siswa tentang membuktikan soal luas permukaan tabung dan hasil wawancara mendalam. Data-data tersebut direduksi, diverifikasi dan dianalisa. Hasil penelaitian menunjukkan bahwa representasi eksternal siswa tentang transisi pengetahuan mereka memiliki tiga karakteristik. Pertama siswa membuktikan soal tersebut dengan jawaban persegi panjang dan dua lingkaran, kedua dengan jawaban jajar genjang dan dua lingkaran, dan ketiga ada jawaban dua persegi panjang didapat dari satu persegi panjang utuh dan 4 setengah lingkaran bagian dari tutup dan alas tabung.Kata Kunci : Struktur Representasi, Transisi, dan Bangun Ruang
EXAMPLE AND NON-EXAMPLE LEARNING MODEL BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA Wanda Nugroho Yanuarto; Eka Setyaningsih
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.021 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i2.199

Abstract

Proses belajar matematika yang dilakukan di program studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, hendaknya mendukung kemampuan mahasiswa untuk mencari konsep dari belajar itu sendiri sebagai proses belajar mereka. Untuk menciptakan suasana belajar dimana mahasiswa dapat mencari ide dan konsep belajar matematika mereka sendiri perlu didukung oleh model pembelajaran yang dapat efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut dan media pembelajaran guna alat bantu mahasiswa untuk memaksimalkan kemampuan matematika mereka. Penggunaan Example and Non-Example Learning Model dengan berbantuan media pemelajaran poster diharapkan dapat merubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, menumbuhkembangkan kemampuan dalam pembelajaran secara umum, dan menciptakan kemampuan matematika secara khusus, seperti kemampuan koneksi matematika, serta mengubah pembelajaran yang teacher oriented ke student oriented. Oleh karena itu, dengan menggunakan Pembelajaran Example and Non-Example berbantuan media pembelajaran poster secara berulang-ulang di mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan koneksi matematika mahasiswa.Kata Kunci : example and non-example, media pembelajaran poster, dan kemampuan koneksi matematis

Page 1 of 15 | Total Record : 150