: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik pada siswa SMK Muhammadiyah Aimas Sorong. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi langkah-langkah pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran menulis deskripsi, 2) untuk menjabarkan peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam menulis deskripsi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktifistik dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa, 2) nilai rata-rata siswa saat pra-siklus sebesar 55,70% dengan kategori cukup, pada siklus I meningkat menjadi 73,45% dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,55% dengan kategori baik.
Copyrights © 2018