BioCONCETTA
Vol 4, No 2 (2018): Vol 4, No 2 (2018)

Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Biologi untuk Perkuliahan Di Perguruan Tinggi Kesehatan

niken, niken (Unknown)
Rahayu, Feni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Banyak kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Biologi karena materi yang sulit untuk divisualisasikan. Untuk mempelajari materi tersebut, harus menggunakan alat bantu berupa media sebagai sumber belajar. Salah satu media pembelajaran adalah modul yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan four D models yaitu define phase, design phase, develop phase dan disseminate phase. Tahap yang dilaksanakan adalah sampai develop phase yaitu uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Untuk uji validitas dilakukan oleh 3 orang validator, dan untuk uji praktikalitas oleh 5 orang dosen, dan 100 orang mahasiswa pada lima perguruan tinggi kesehatan. Data diperoleh dari kuisioner validitas, praktikalitas dan efektifitas. Hasil validasi intrumen sebagai alat ukur penelitian yaitu 3,49 dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid 3,41 dan praktis oleh dosen dengan nilai praktikalitas 3,76 dan 3,46 oleh mahasiswa.Sedangkan hasil efektifitas yang meliputi kompetensi kognitif yaitu 77,60 dengan kategori baik, kompetensi afektif 86,29 dengan kategori sangat baik dan kompetensi psikomotor 84,49 dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2018