Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data.Hasil penelitian menggambarkan implementasi nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan atau aktivitas keseharian berdasarkan ajaran-ajaran islam yang menjadi program sekolah. Seluruh wujud religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta merupakan implementasi 18 nilai-nilai karakter yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nasional. Implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dilakukan melalui keteladanan dan penciptaan suasana religius. Keteladanan merupakan faktor yang penting karena sikap dan perilaku kepala sekolah, guru dan karyawan dijadikan sebagai panutan oleh siswa sedangkan penciptaan suasana sekolah yang kondusif merupakan faktor pendukung dalam proses implementasi nilai-nilai karakter. Keteladanan guru dan penciptaan suasana yang kondusif turut mendukung proses implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture.
Copyrights © 2018