cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
ISSN : 23563869     EISSN : 26140136     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali dalam setahun (Februari dan Agustus).
Arjuna Subject : -
Articles 191 Documents
IMPLEMENTASI TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN LECTORA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SD Fatmawati, Laila
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.924 KB)

Abstract

The purpose of this classroom aaction research was to describe application of cooperative learning teams games tournament type assisted Lectora to improve motivation and learning outcomes insocial studies elementary school. Subject were fourth grade student in SD N Tukangan Yogyakarta. Result found application of the cooperative learning type teams games tournament type assisted Lectora improves motivation and learning outcomes in social studies elementary school.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Nurhidayah, Nurhidayah
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.605 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1558

Abstract

Program  Studi  PGSD  di  FKIP  UAD  termasuk  Prodi  baru  di  Universitas Ahmad  Dahlan.  Meskipun  terbilang  baru  berdiri,  namun  animo  mahasiswa  untuk memasuki Prodi ini sangat besar. Pada tahun pertama membuka dua 3 kelas dan pada tahun  ke  dua  meningkat  menjadi  enam  kelas.  Animo  memasuki  Prodi  PGSD  ini menarik  untuk  dilakukan  penelitian  tentang  faktor-faktor  yang  mendasari  motivasi belajar mahasiswa di PGSD UAD.  Penelitian ini  bertujuan  untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa FKIP  UAD di Program Studi PGSD. Secara khusus tujuan  yang ingin dicapai dalam penelitian ini  adalah untuk mengetahui  pengaruh  minat,  dukungan  orang  tua,  peluang  kerja  terhadap  motivasi belajar  mahasiswa  PGSD  UAD.  Penelitian  ini  termasuk  jenis  penelitian  survey dengan  subjek  penelitian  berjumlah  100  mahasiswa  PGSD  angkatan  pertama. Variabel  dalam  penelitian  ini  ada  tiga  variabel  bebas  (minat,  dukungan  orang  tua, peluang kerja) dan satu variabel terikat (motivasi belajar). Teknik pengumpulan data menggunakan  questionary  dengan  instrumen  berupa  angket  tertutup  berskala  likert. Analisis  data  yang  digunakan  dengan  analisis  statistikdiskriptif  dan  analisis  regresi ganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat dengan motivasi belajar mahasiswa  PGSD tahun 2011/2012    dengan nilai t hitung 4,554 dan terdapat  pengaruh  antara  dukungan  orang  tua  dengan  motivasi  belajar  mahasiswa PGSD  tahun  2011/2012  dengan  nilai  t  hitung  4,551.  Hal  ini  juga  mengindikasikan bahwa  semakin  tinggi  minat  dan  dukungan  orang  tua  maka  motivasi  belajar  yang dimiliki  juga  semakin  tinggi.  Sedangkan  untuk  variabel  peluang  kerja  tidak menunjukkan  pengaruh terhadap  motivasi belajar mahasiswa PGSD tahun 2011/2012 dengan  nilai  t  hitung  1,446.  Hal  ini  mengindikasikan  bahwa  peluang  kerja  tidak menjadi bagian yang dapat memotivasi belajar para mahasiswa.
PENGEMBANGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES BAGI MAHASISWA S1 PGMI IAIN SNJ CIREBON Syamsi, Atikah
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.061 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1479

Abstract

To  support  efficacy  of  study,  basically  to  determine  approach  of  study  which in line with curriculum. Studying approach of study, a lot of type approach of  which  can  applied.  Among  others  approach  of  developed  study  from  an recognized  theory  with  theory  of  Multiple  Intelligence.  The  Theory  used  as  by approach  of  study,  because  it  talk  about  variety  which  related  to  educative participant  interest.  Basically  in  each  of  curriculum  is  focus  to  attainment  an certain  interest  to  educative  participant.  Approach  of  Multiple  Intelligence  even also look into that human being or someone have some intellegence potency. One of  the  intellegence  educative  by  participant  thats  which  must  be  developed,  so that in the end become an its very dominant interest.One of the matter which need to be paid attention in Multiple Intelligence is  the  existence  of  education  institutes  responsibility  to  be  succeeding  to  find  at least  one  ability  region  matching  with  its  intellegence  potency  and  this  matter have  positive  implication  to  make-up  of  its  life  or  which  is  ordinary  to  be recognized  with  term  of  make-up  of  life  skills.  Quality  of  Indonesia  human resource  these  days  is  reflection  of  education  system  which  in  this  time  go  into effect.This research represent Research and Development (having the character of research applied) that is research used to look for, to developing and testing an certain  finding  or  product.  This  Research  type  is  research  of  Experiment  with approach  of  mixture  that  is  qualitative  and  is  quantitative,  where  this  research aim  to  develop  new  approach  that  is  intelligences  multiple  to  student  of  PGMI IAIN  SNJ  Cirebon.  This  Matter  because  of  the  importance  of  education  which peculiarly  refer  at  student  skill  soft  as  behavioral  base  of  academic,  namely  for example mirror of education base on intelligences multiple which practically can improve  efficiency  of  someone  life  and  it  is  of  course  also  be  benefit  to  its environment.  By  having  efficiency  of  life  which  is  good  to  be,  expected  by  all college grad will be able to solve life problema faced. 
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PROGRAM PREZI (Studi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2013-2014) Wahyudi, Dedi
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.037 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1589

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Akhlak  di SMP Muhammadiyah 2 Mlati gurunya memiliki kendala dalam memotivasi semangat belajar siswa karena metode yang digunakan hanya ceramah. Buku pegangan untuk siswa kurang mencukupi sebab hanya ada satu buku ajar yang dipegang guru sehingga siswa hanya mencatat materi-materi yang diberikan oleh guru. Maka perlu adanya metode pembelajaran yang mengatasi problem tersebut yaitu multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak dengan program Prezi yang dikembangkan berdasarkan teori pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Prosesnya adalah meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian ini yaitu produk multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak telah layak digunakan di lapangan dan dapat meningkatkan prestasi peserta didik.
PENDIDIKAN AGAMA BERPARADIGMA INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR (PENDEKATAN HERMENEUTIS) Yu’timaalahuyatazaka, Yu’timaalahuyatazaka
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.413 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1484

Abstract

Artikel ini berjudul Pendidikan Agama Berparadigma Integratif di Sekolah Dasar (Pendekatan Hermeneutis). Artikel ini menjelaskan bahwa problem yang dialami dalam pendidikan Islam saat ini ialah problem dikotomik. Agama terpisah dari ilmu, begitupun sebaliknya. Sehingga, untuk mengatasi problem tersebut pendidikan Islam harus merubah paradigmanya dari dikotomik-atomistik menjadi integratif-interkonektif. Sehingga, paradigma integrasi ini sangat sesuai dengan realitas pendidikan Islam kontemporer dan mampu menjawab dan memecahkan problem-problem sosial dan budaya kekinian. Dengan metode hermeneutis ini pendidikan Islam terbagi menjadi dua konsep yaitu global dan lokal. Dalam proses inilah terjadi dialektika antara teks (pendidikan agama Islam), konteks (pendidikan kewarnegaraan), dan kontekstualisasi (konteks global: negara/bangsa, dan konteks lokal: keluarga, sekolah, dan masyarakat). Sehingga, pendidikan Islam dapat selalu menjawab dan memecahkan problematika kehidupan kontemporer umat.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SEJARAH PENURUNAN AL-QUR`AN SECARA BERTAHAP Hidayat, Nur
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.129 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1591

Abstract

Pembahasan tentang sejarah singkat Quran akan membuka cakrawala baru bagi para ilmuwan yang ingin selalu mengkaji dan memahaminya dalam setiap kesempatan  waktu  yang  ada.  Disini  dapat  kita  garis  bawahi  bahwa  Quran merupakan wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dari lauhul mahfud. Disamping itu juga, Quran merupakan sumber beberapa ilmu pengetahuan yang harus selalu digali dengan cermat dan mendalam, karena akan dapat memunculkan ilmu-ilmu baru setelah diadakan penelitian yang mendalam.Diturunkannya Quran secara bertahap selama 23 tahun akan memberikan pembelajaran bagi umat Islam agark mudah dihafal dan dipahami dengan baik. Disamping itu, sebagai pelajaran bagi para ilmuwan untuk selalu mengikuti  pada setiap kasus dilapangan  yang dihadapi segera dapat ditemukan jawabannya dengan pasti dan benar. Sisi lain juga merupakan pedoman bagi seorang pendidik dalam menyampaikan suatu ilmu pengetahuan kepada siswa atau murid secara tahapan yang benar sesuai dengan tingkat usia pendidikannya.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL DAN MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG (Studi Komparatif) Salamah, Umu
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.868 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1491

Abstract

The results of the study found 1) learning management Indonesian language implemented in Elementary School of Tempel and Sultan Agung there are the teachers prepare learning such as syllabi, semester program, materials and learning tools, and the lesson plan, for implementation beginning teacher learning activities, core and closing, while for the final activity the teacher gives homework assignments and summarize the material. 2) learning management models in the Elementary School Indonesian Foreign Paste conventional while still learning management Indonesian Elementary School in Sultan Agung is conventional but has developed learning by applying thematic learning, active learning, creative, effective and fun, as well as cooperative learning though not maximum **** Hasil penelitian ditemukan 1) manajemen pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel dan Sultan Agung antara lain guru menyiapkan pembelajaran seperti silabus, program semester, bahan dan alat pembelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk pelaksanaan pembelajaran guru melakukan kegiatan awal, inti dan penutup, sedangkan untuk kegiatan akhir guru memberikan tugas pekerjaan rumah dan merangkum materi. 2) model manajemen pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel masih konvensional sedangkan manajemen pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung konvensional akan tetapi telah mengembangkan pembelajarannya dengan menerapkan pembelajaran tematik, pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, serta pembelajaran kooperatif meskipun belum maksimal.
SIT dalam peta sistem pendidikan nasional Suyatno, Broery
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 2: Februari 2015
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.924 KB)

Abstract

Integrated Islam schools emerged as a response to dissatisfaction Islamic movement activists against the national education system in Indonesia. National education system considered in the management of education perpetuates the dualism between religion and public education. Therefore, it takes a model of alternative educational institution capable of removing any educational practice dichotomous. During its development, paradox regarding the development of integrated Islamic school when they actually have to be part of the national education system. This study aims to answer the question of how the position of integrated Islamic schools in the National Education map? This study is a qualitative case study model. Data collection methods were participant observation, in-depth interviews, and documentation. Data was analyzed using inductive-qualitative analysis. The results showed that the integrated Islamic school is an integral part of the national education system. The indication is the adoption of the curriculum of the ministry of education and culture, adjustment of the examination system, and certification programs by teachers of integrated Islamic school.
PEMENUHAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK SD/MI MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK-TERPADU Prastowo, Andi
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.577 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a538

Abstract

One of thebiggest education problematika in Indonesia is lowering of quality of education of base in elementary school which is very determine to next education continuation. Real government havestrived various policy to overcome the mentioned, proven but not yet yielded repair which is significant. Seen from perception in field, the problem of low quality of this education seems more because factorquality of study process which a long way off from psychological requirement of student. But, specified of Curriculum 2013 commending to every teacher in elementary school to be using approach of integrated learning is smart breakthrough because in harmony with characteristic think student which still operational of concrete and holistik.
REORIENTASI PENDIDIKAN SEKS TERHADAP ANAK USIA REMAJA DI SEKOLAH (Memadukan Sains dan Agama dalam Pembelajaran) Fathunaja, Anji
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.545 KB)

Abstract

Seks adalah kebutuhan yang secara alami melekat pada setiap manusia, tidak terkecuali para remaja. Sudah seharusnya sekolah memberikan jawaban bagi kebutuhan seksual remaja agar tidak menyimpang. Akan tetapi, sekolah saat ini hanya  sebatas  memberikan  pengetahuan  tanpa  kesadaran  akan  nilai  dan  norma dalam seks. Sehingga yang terjadi adalah pelanggaran-pelangaran seks dan penyalahgunaan alat-alat keamanan seks sebagai cara aman melakukan seks. Penelitian ini berusaha untuk menemukan titik permasalahan dalam pendidikan seks yang belum mampu memberikan dampak yang signifikan pada peserta didik. Pendidikan seks yang  diberikan secara  terpisah-pisah menyebabkan  sekat dalam pemahaman peserta didik. Pendidikan seks semestinya disampaikan secara terpadu antara agama dan sains sehingga tidak menimbulkan dikotomi pemahaman. Diharapkan setiap peserta didik tidak hanya mampu mengetahui seks (sains) namun juga menyadari nilai dan norma seks (agama).

Page 1 of 20 | Total Record : 191