Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 5, No 3 (2018): Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS DALAM MANAJEMEN LEMBAGA PELAYANAN SOSIAL

Meilanny Budiarti Santoso (Universitas Padjadjaran)
Hetty Krisnani (Universitas Padjadjaran)
Yustika Tri Dewi (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Lembaga pelayanan sosial merupakan suatu wadah yang dibentuk dengan tujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelyanan sosial dan mengatasi masalah-masalah sosial yang ada. Salah satu faktor yang sangat menentukan bagi tercapainya tujuan dari suatu lembaga pelayanan sosial adalah aspek manajemen dari lembaga sosial, yaitu aspek perencanaan. Sebuah lembaga pelayanan sosial harus memiliki strategi-strategi yang berpedoman dalam tujuan lembaganya. Manajemen strategi adalah proses pengarahan usaha perencanaan stratgi dan menjamin strategi tersebut dilaksanakan dengan baik, sehingga menjamin kesuksesan dalam jangka panjang. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan studi literatur manajemen pelayanan sosial. Berdasarakan studi litaratur yang telah dilakukan, lembaga belum sepenuhnya membuat rencana strategi dengan perumusan yang telah ditetapkan. Untuk itu, diharapkan lembaga pelayanan sosial lebih memperhatikan aspek-aspek manajemen terutama aspek perencanaan yang bersifat penting karena dapat membimbing langkah nyata lembaga untuk kedepannya.

Copyrights © 2018