JURNAL INOVASI EDUKASI
Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI

Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konteks Balap Sepeda

Putra, Eko Septiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika tipe PISA menggunakan konteks balap sepeda yang valid, praktis dan memiliki efektivitas. Valid- perangkat soal yang dikembangkan sesuai dengan rasional teoritik yang kuat, yaitu memenuhi kreteria framework dan tingkatan level pada PISA, praktis- mudah dipakai dan dapat diinterprestasikan dengan baik oleh siswa, dan efektivitas- memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah  development study. Hasil penelitian berupa dua soal matematika tipe PISA menggunakan konteks balap sepeda yang valid, praktis dan memlilki efek potensial. Soal dinyatakan valid oleh validator. Perangkat soal juga telah diujicobakan pada small group untuk melihat kepraktisan soal dan memiliki efek potensial berdasarkan analisis hasil jawaban siswa pada field test. Efek potensial yang muncul diantaranya proses merumuskan situasi secara matematika, proses menerapkan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIE

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan ...