cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hafezkurniawan84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JURNAL INOVASI EDUKASI
ISSN : 26543931     EISSN : 26543931     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
PENGANTAR REDAKSI REDAKSI, PENGANTAR
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGANTAR REDAKSI
MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH MANAJEMEN PROYEK PEMBANGUNAN DIPLOMA IV MANAJEMEN PEMERINTAHAN FEB UNIVERSITAS JAMBI Dahmiri; Sigit Indrawijaya; Rista Aldilla Syafri
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.37 KB)

Abstract

Salah satu upaya untuk menciptakan proses belajar yang efektif adalah melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw karena sangat sesuai untuk subjek-subjek seperti pelajaran ilmu social, literature, sebagian pelajaran ilmu pengetahuan ilmiah dan bidang-bidang lainnya yang tujuan pembelajaran lebih kepada penguasaan konsep dari pada penguasaan kemampuan. Metode pembelajaan kooperatif tipe jigsaw, mahasiswa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Setiap anggota kelompok dituntut bertanggungjawab terhadap hasil belajarnya, karena keberhasilan kelompok didasarkan atas sumbangan masing-masing anggota kelompok. Dengan demikian, setiap mahasiswa termotivasi untuk belajar, saling mendorong dan saling membantu antar anggota kelompok untuk belajar secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw mempunyai pengaruh yang positip terhadap hasil belajar (aspek kognitif). Hal ini dapat dijelaskan bahwa aktivitas dalam pembelajaan kooperatif teknik jigsaw berbeda dengan metode diskusi kelompok. Dapat dijelaskan bahwa dalam metode pembelajaan kooperatif teknik jigsaw, mahasiswa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Setiap anggota kelompok dituntut bertanggungjawab terhadap hasil belajarnya, karena keberhasilan kelompok didasarkan atas sumbangan masing-masing anggota kelompok. Dengan demikian, setiap mahasiswa termotivasi untuk belajar, saling mendorong dan saling membantu belajar secara optimal antar anggota kelompok.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA ATTAUFIQ KOTA JAMBI PUDYA ZUHEIRIA
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.403 KB)

Abstract

Ilmu kimia adalah mata pelajaran dalam rumpun sains yang bertujuan agar peserta didik mampu menguasai berbagai konsep dan prinsip kimia untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri karena kimia selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Dalam meningkatkan pembelajaran kimia di sekolah, sudah seharusnya guru dapat merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik agar tercapai kompetensi yang harus dicapai. Misalnya dengan memperbaharui atau meningkatkan kualitas bahan ajar menjadi lebih menarik
PENGEMBANGAN BUKU KERJA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA PERKULIAHAN STATISTIK MATEMATIKA DI UNIVERSITAS ADIWANGSA JAMBI Melinda Yusri Rizki; Rian Novita
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

topik dalam mata kuliah statistik matematika saling berurutan dan terkait satu samalain sehingga diperlukan pembelajaran yang berkelanjutan. Untuk melakukan pembelajaranberkelanjutan, mahasiswa perlu mengerjakan latihan yang tersedia di buku paket. Namun,buku paket yang digunakan mempunyai soal yang bervariasi dan cukup banyak untukmahasiswa Universitas Adiwangsa Jambi yang mempunyai perbedaan kemampuanmatematika. Di samping itu, mahasiswa juga belum terbiasa menghadapi soal dalam jumlahyang banyak dan bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang bisa membiasakanmahasiswa untuk belajar secara berkelanjutan dan terarah berupa sebuah bukukerja.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku kerja berbasis konstruktivismeyang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Statistik Matematika di UniversitasAdiwangsa Jambi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahapyaitu: tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototype dan tahappenilaian (assessment). Kegiatan pada tahap analisis muka belakang yang dilaksanakanmeliputi wawancara dengan teman sejawat, menganalisis silabus matakuliah Statistikmatematika , menganalisis buku teks statistik matematika, dan mereview literatur tentangbuku kerja. Berdasarkan hasil analisis muka belakang telah diperoleh prototipe buku kerjaberbasis konstruktivisme yang kemudian dikonsultasikan kepada 3 dosen dari Universitaslain. Pada tahap praktikalitas, buku kerja di uji cobakan kepada mahasiswa Progam StudiMatematika Universitas Adiwangsa Jambi yang mengambil mata kuliah statistik matematikapada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini diamati oleh 1 (satu) dosenpengamat. Efektifitas buku kerja berbasis konstruktivisme diselidiki bersamaan dengantahap praktikalitas. Aspek efektifitas yang diamati adalah tentang aktivitas dan motivasibelajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) buku kerja berbasiskonstruktivisme sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakarStatistik Matematika; 2) penggunaan buku kerja berbasis konstruktivisme dalam prosesperkuliahan tidak mengalami hambatan yang berarti. Buku kerja sudah praktis menurutmahasiswa dan dosen; dan 3) buku kerja berbasis konstruktivisme sudah efektif. Hal initampak dari aktivitas mahasiswa dan motivasi belajar yang tinggi setelah perkuliahanberlangsung.
PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN KINERJA GURU MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Ilmi, Fahrul
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa, berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang iklim sekolah berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 25,62 %. Begitu juga persepsi siswa tentang kinerja guru matematika berpengaruh secara langsungterhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 18,58 %. Sedangkan persepsi siswa secara bersama-sama tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 94,8 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa, berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang iklim sekolah berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 25,62 %. Begitu juga persepsi siswa tentang kinerja guru matematika berpengaruh secara langsungterhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 18,58 %. Sedangkan persepsi siswa secara bersama-sama tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 94,8 %.
Some Benefits of Using Readers Theatre in EFL Classroom Angraini, Desti
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reading plays an important part in developing learners’ knowledge. By reading, learners will get many benefits, such as adding their knowledge, knowing information and having pleasure. There are many ways of making them engaged in learning English especially reading skill. One kind of activities is using Readers’ theatre.  RT was introduced in EFL classroom to enhance the learning of communication skills. Readers’ theater offers learners’ an opportunity for interpretive oral reading as they use voices, facial expressions, and hand gestures to interpret characters in stories. Readers’ theater also builds readers’ confidence, brings stories to life through performance, animates content areas, and improves reading ability, comprehension, and oral reading skills.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AYAT AYAT AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SMAN 3 KOTA JAMBI Qonidin, Qonidin
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 1 No 2 (2019): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : JURNAL INOVASI EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Menggambarkan Bentuk Pembelajaran, pendidikan agama Islam dalam pembelajaran membaca ayat-ayat al-qur’an di SMA Negeri 3 Kota Jambi menampilkan faktor-faktor ketidak sesuaian Antara cara pembacaan atau hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pelajaran membaca ayat-ayat al-quran yang ada di sekolah SMA Negeri 3 Peneliti peduli melihat bagaimana peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah Mixed methods research yaitu pendekatan kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif dalam suatu penelitian untuk mendapatkan hasil analisis yang sempurna terdapat permasalahan yang terjadi pokok kajian dalam penelitian tersebut Disamping itu juga dalam prosedur kegiatan pembelajaran digunakan pendekatan action research (penelitian tindakan) penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu: (1) pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam membaca ayat-ayat al-Qur’an di SMA Negeri 3 Kota Jambi cenderung tekstual terhadap kurikulum yang ada guru bidang studi belum melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. (2) faktor-faktor ketidak sesuaian antara perolehan hasil belajar dengan standar mutu adalah rendahnya tingkat penguasaan kepasihan/kemahiran, membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an baik di dalam ilmu tajwid dan mahorijul hurufnya, oleh peserta didik. (3) bentuk peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan reflektif yang implementasinya melalui kegiatan atau tindakan pembelajaran dalam tiga siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mutu pelajaran pendidikan agama Islam dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan action research dalam lembaga pendidikan. penelitian ini merekomendasikan kepada Kepala SMA Negeri 3 Kota Jambi dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Agama Provinsi Jambi agar berperan aktif memberikan berbagai pelatihan kepada seluruh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik.
ENHANCING STUDENTS’ SPEAKING ACHIEVEMENT THROUGH TIME TOKEN TECHNIQUE Silvia, Resi
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 2 No 1 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The main focus of the study was to know whether Time Token Technique effective or not to enhance English speaking achievement of second year nursing students of University of Adiwangsa Jambi. The study was mix research in which combination of quantitative and qualitative approaches were used in this research. 33 nursing students of second year were selected be samples through total sampling procedure. The data was collected through pre-test and post-test, video shooting, and field note. The main findings of the study were: the value of t-test is bigger than t-table and there is raising students’ speaking achievement percentage that involves pronunciation, grammar, fluency and vocabulary from pre-test to post-test. Moreover, this technique can help inactive student to be more active to speak English every day, increase self-confident, vocabulary and improve pronunciation and grammar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MODIFIKASI DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA PADA POKOK BAHASAN OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KERINCI Rizki, Melinda Yusri
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 2 No 1 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share Modifikasi dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan kogninitif tingkat tinggi, pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share Modifikasi terhadap kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa. Pengaruh yang signifikan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa. Interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian eksprimen semu dengan menerapkan desian faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 kerinci. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas eksprimen 1 kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrument, yakni instrument Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa dan instrument test kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa dalam bentuk essay. Uji statistik yang digunakan adalah dengan menggunakan anova dua jalur untuk melihat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Modifikasi dan pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa serta interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Uji lanjut menggunakan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan gaya kognitif siswa.
TEACHER’S EFFORT TO ENRICH STUDENTS’ VOCABULARY IN TEACHING ENGLISH AT SECOND GRADE OF ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL ASAS ISLAMIYAH JAMBI Rahmah, Rahmah; Astika, Yulia Wiji
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol 2 No 1 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : LPPM Universitasdiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Language is the basic skills are needed for real communication among people. By using language, we will able to express our ideas and feeling. In Indonesia, English language is learned by students as a foreign language. As know, English vocabulary has become an important part in the teaching-learning process in the classroom. It is based on source to learn English therefore we must have good English and enough vocabulary. Without that we will not be able to use English better in our life and we can’t master English conversation with other people. The researcher interests to appoint this problem by title: Teacher’s Effort to Enrich Students’ Vocabulary in Teaching English at Second Grade of Asas Islamiyah Jambi. The method had used in this research was qualitative. The population in this research are the students of Asas Islamiyah Jambi. The samples were 30 students of the second grade. In this research, the instrument used to collected the data are observation, interview with English teachers and documentation. The results of the research are the application of teaching vocabulary by using word category method can be achieved by some students in second grade at Islamic Junior High School Asas Islamiyah Jambi. The teaching vocabulary by using word category at Islamic Junior High School Asas Islamiyah Jambi can make the students fun ad active and also make the students to be able to remember the vocabulary easily.

Page 1 of 4 | Total Record : 40