AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 8, No 1: Juni 2018

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE

Sugiarti Sugiarti (Program Studi Pendidikan Matematika FST UIN SUKA)
Sintha Sih Dewanti (Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FST UIN SUKA)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis tentang pengaruh penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 102 siswa. Kelas VII E dijadikan kelas eksperimen 2 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pembelajaran dengan pendekatan PBL. Kelas VII C dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self confidence dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur (one way anova) dan uji tukey. Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model pembelajaran koopertaif tipe TPS memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...